Camat: Perankan DD Untuk Berantas Rutilahu

Camat: Perankan DD Untuk Berantas Rutilahu

BERANTAS RUTILAHU: Camat Jatinunggal Ate Hadan Adi Gunawan mengimbau kades untuk terus memberantas rutilahu.(HERI PURNAMA/SUMEKS)

PEWARTA: HERI PURNAMA/SUMEKS

Previous Next

JATINUNGGAL – Camat Jatinunggal Ate Hadan Adi Gunawan, mengimbau para kepala desanya, untuk memberantas rumah tidak layak huni (rutilahu) menggunakan Dana Desa (DD). Pada umumnya, rumah tidak layak huni di wilayah Jatinunggal, sudah semakin berkurang dengan adanya bantuan dari beberapa sumber, baik itu dinas maupun lembaga.

Camat menyebutkan, dari tahun ke tahun, rumah tidak layak huni di wilayahnya sudah semakin berkurang. Namun alangkah lebih cepatnya lagi untuk memberantas rutilahu itu dengan menggunakan DD. Sebab, sudah ada program rumah sehat yang bisa dianggarkan dari DD untuk perehaban rutilahu.

“Kepla desa harus bisa memanfaatkan program rumah sehat itu untuk membantu warganya yang membutuhkan,” katanya, kemarin (9/7).
Dalam hal ini, pihaknya sudah berupaya untuk menyosialisasikan program tersebut. Sekarang ini, tinggal bagaimana peran kepala desa untuk memanfaatkannya.

“Dengan adanya program itu, seharusnya rutilahu bisa dinetralisir di setiap desanya,” tuturnya.
Pada dasarnya, peran kepala desa sangat penting untuk menggunakan kebijakannya untuk menciptakan lingkungan yang terbebas dari rumah tidak layak huni.
“Tinggal masukan saja dalam rencana kegiatan pembangunan desa, tentunya melalui tahapan musyawarah,” ucapnya. (eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.