Sumedang Ekspres

Bacaan Utama Warga Sumedang

SERAHKAN: Camat Sumedang Selatan Heri Dewantara menyerahkan bantuan sembako kepada warga pra sejahtera di Lingkungan Parigi Kelurahan Kota Kulon Kecamatan Sumedang Selatan. SOBAR BAHTIAR/SUMEKS

Camat Sumedang Selatan Bantu Keluarga Pra Sejahtera

SUMEDANGEKSPRES.COM – Setelah beredar di media dan sejumlah media sosial, warga pra sejahtera yang berada di Lingkungan Parigi Rt 03 Rw 11 Kelurahan Kota Kulon Kecamatan Sumedang Selatan, langsung mendapat respon dari pemerintah daerah Kabupaten Sumedang.

Semua elemen pemerintahan dari mulai tingkat kecamatan, dinas sosial hingga kelurahan, turun untuk meninjau kondisi keluarga pra sejahtera tersebut.

Camat Sumedang Selatan Heri Dewantara mengatakan, setelah dicek langsung ke lapangan, ada sedikit miss komunikasi terkait bantuan antara warga pra sejahtera dengan aparat setempat.

“Tadi pagi (kemarin, red) saya cek bersama lurah dan pak kadinsos ke lapangan. Kondisinya mereka sudah masuk ke data Sapa Warga, hanya belum tersalurkan,” ujarnya kepada Sumeks, Rabu (27/5).

Heri memaparkan, kendala lainnya yang terjadi, adanya data double dari tingkat kabupaten dan provinsi.

“Insyaalloh dalam waktu dekat clear dan kami akan serahkan kesana,” sebut Heri.

Namun demikian, pemerintah pun tetap memberikan perhatian maksimal kepada warga pra sejahtera tersebut, dengan terus melakukan pemantauan melalui RT/RW setempat dan kelurahan.

“Kami sudah instruksikan itu. Dan sekalian berkunjung, kami juga tadi turut memberikan bantuan beras yang dititipkan dari pa bupati,” katanya.

Sementara itu, di Kecamatan Sumedang Selatan sendiri, ada sekitar 8.000 warga yang menerima bantuan dari Sapa Warga.

“Dan itu hampir semua sudah tercover,” jelasnya.

Hanya saja, lanjut Heri, dalam melakukan pendistribusian masih bertahap. Untuk kabupaten, semua sudah tersalurkan.

“Tinggal dari tahap provinsi yang kerjasama dengan Pos dan Giro. Itu masih ada kendala dari jumlah stok yang kurang,” tuturnya.

Tak hanya itu, adapun bantuan lainnya selama pandemi wabah Covid-19 datang dari BLT DD yang berjumlah sekitar 1.000 penerima.

“Itu semua sudah tersalurkan,” tutupnya. (bay/adv)