Cikeusi Fokus Tingkatkan TKD

Peliput/Editor: HERI PURNAMA/SUMEKS

Cikeusi Fokus Tingkatkan TKD

LAKUKAN PENINJAUAN: Sejumlah perangkat Desa Cikeusi Kecamatan Darmaraja meninjau TKD.

DARMARAJA – Penertiban Tanah Kas Desa (TKD) Cikeusi Kecamatan Darmaraja, dinilai bisa tingkatkan Pendapatan Asal Daerah desa tersebut. Luasan TKD tersebut sekitar 110 sampai 120 bata. Dilihat dari luas tanah yang cukup besar, membuat optimis pemerintah desa untuk bisa memberikan retribusi yang cukup besar kepada desa.

Kepala Desa Cikeusi Tajudin SHut menyebutkan, langkah awal yang dilakukan pemerintah desa untuk mewujudkan peningkatan PAD adalah penertiban batas dan pendataan pengelolanya.

“Kita akan lakukan penertiban terhadap TKD itu, untuk mewujudkan peningkatan PAD desa ini,” katanya saat ditemui di ruangan kerjanya, Rabu (1/11) lalu.

Saat ini, sudah tergambarkan oleh pihak desa bila sudah tertata batas-batas garapan warga, maka kedepannya bisa dibuatkan pola jalan agar bisa masuk kendaraan ke wilayah TKD tersebut. Hal itu untuk mempermudah pengangkutan hasil kebun.

“Kalau hasil kebunnya bisa diangkut dengan mudah, maka semangat warga untuk mengolah tanah tersebut lebih produktif lagi dan bisa ditingkatkan,” ucapnya.

Dalam hal ini, Tajudin mengakui bahwa selama ini tanah tersebut cenderung kurang produktif. Sebab TKD ini hanya ditanami tanaman keras yang jarak pemeliharaannya cukup memakan waktu lama.

“Saat ini memang dinilai kurang produktif, makanya kami bersikeras untuk merubah tanah itu agar lebih produktif,” tukasnya. (eri)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.