Cikeusi Gali Potensi Wisata Alam

Peliput/Editor: HERI PURNAMA/SUMEKS

Cikeusi Gali Potensi Wisata Alam

POTENSI WISATA: Kades Cikeusi dan perangkatnya berada di puncak tanah pengangonan yang berpotensi dijadikan wisata alam.

DARMARAJA – Banyak potensi wisata terpendam di wilayah Desa Cikeusi Kecamatan Darmaraja. Sepintas, wilayah desa tersebut memang cenderung minim tempat wisata. Padahal di wilayah yang tidak jauh dari pusat perkotaan Kecamatan Darmaraja itu, banyak menyimpan potensi wisata di pelosoknya.

Kepala Desa Cikeusi Tajudin menyebutkan, di wilayahnya ada yang cukup jauh dari pemukiman (wilayah tanah pengangonan) yang memiliki potensi wisata berdaya tarik.

“Di perbatasan Desa Cikeusi Kecamatan Darmaraja dan Desa Cimarga Kecamatan Cisitu, ada wilayah yang merupakan dataran tinggi. Di tempat tersebut udaranya masih sejuk dan suasananya sangat rilex,” ucapnya, kemarin (9/11).

Pada dasarnya, satu wilayah itu akan bisa dijadikan destinasi wisata saat banyak orang yang merasa nyaman berada di suatu tempat tersebut. Begitu pun dengan kondisi wilayah yang menjadi perbatasan antar desa dan kecamatan itu.

Namun karena jauhnya dari pemukiman, perlu ada penataan dan tentunya dilengkapi sarana prasarana yang memadai serta ditunjang dengan keamanannya.

“Saya sudah merasakan beberapa jam berada di wilayah tersebut, suasananya sangat nyaman. Tinggal dilengkapi oleh faktor penunjangnya saja,” tuturnya.

Kades menyebutkan, kondisi keaslian alam tersebut dilengkapi juga pemandangan air Waduk Jatigede. Karena dari tempat tersebut, hamparan air waduk nampak terlihat jelas secara keseluruhan.

“Apalagi saat ini ada penunjang pemandangan air waduk,” tuturnya.

Selain itu, masih di lingkungan tanah kas desa, ada juga situs atau makam leluhur. Tempat ini bisa dijadikan sebagai wisata religi. Bahkan sampai saat ini, masih banyak pejiarah yang datang ke tempat tersebut. Oleh sebab itu, pemerintah desa berencana akan memperbaiki akses jalan menuju situs tersebut.

“Selain itu ada juga wisata religinya. Kami berharap semua ini bisa di kolaborasikan,” ucapnya.

Namun, pihaknya mengakui ada keterbatasan kemampuan untuk mewujudkan semua itu. Tentunya harus ada ikut campur tangan pihak terkait.

“Untuk bisa mewujudkannya tentu harus ada kerja sama pihak-pihak terkait,” pungkasnya. (eri)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.