Cisurat Kesulitan Air Bersih

WADO – Warga Desa Cisurat, Kecamatan Wado, masih banyak yang memerlukan air bersih. Meski saat ini musim hujan, masih ada warga Desa Cisurat, terutama yang baru berpindah tempat dari wilayah genangan ke tempat tinggal baru, mengalami kesulitan air bersih.

Salah satu lokasi yang memerlukan air bersih itu, yaitu Blok Gunung Kerud, yang merupakan pemukiman OTD penggenangan Waduk Jatigede.

Kepala Desa Cisurat, Asep Widiana menerangkan bahwa setelah adanya perpindahan beberapa bulan yang lalu, masyarakat banyak yang mengeluhkan sulit mendapatkan air bersih. Bahkan untuk mendapatkan air, warga yang ada di tempat tersebut, harus mengulur air dari Blok Sawah dengan menggunakan mesin pompa air sebanyak dua unit.

“Mereka ngulur dari Blok Sawah yang jaraknya lumayan jauh, jadi harus menggunakan dua mesin pompa air,” kata kades, Rabu (9/11).

Saat ini, pemerintah desa berupaya mencari sumber mata air yang cocok, dan mampu memproduksi air bersih untuk masyarakat banyak.

Namun hal itu, perlu juga ada bantuan dari pemerintah melalui Program Air Minum dan Sanitasi Masyarakat (Pamsimas).

“Untuk mewujudkan agar masyarakat di sini tidak kesulitan air, mungkin salah satu upayanya pemerintah harus memberikan program Pamsimas,” ujarnya.

Asep menilai, air bersih yang pada saat musim hujan seperti ini masih sulit, pihaknya menekankan agar masyarakat bisa menikmati air bersih itu sebelum musim kemarau tiba.

“Kalau saat ini (musim hujan) air bersih masih kurang maksimal, apalagi musim kemarau nanti,” pungkasnya. (eri)

Ikuti Kami di Sosial Media:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.