oleh

Citengah Serius Tingkatkan PADes

SUMEDANGESKPRES.COM  – Untuk meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes), Desa Citengah yang menjadi salah satu wilayah destinasi wisata, serius melakukan pembangunan.

Di antaranya adalah membangun sebuah terminal yang ditargetkan rampung 2023. Terminal tersebut, rencananya dijadikan lokasi transit para wisatawan yang ingin berkunjung ke berbagai destinasi wisata di Desa Citengah.

Baca juga :
Tempat Hiburan Tutup, PAD Turun

Kepala Desa Citengah Otong Sumarna mengatakan, Desa Citengah menjadi satu-satunya desa di Kabupaten Sumedang yang memiliki perencanaan membangun sebuah terminal.

“Iya, kaitanya karena Citengah kini menjadi daerah wisata. Dan itu dibangun salah satunya untuk atasi kemacetan. Dan mereka akan diantar sama kendaraan yang telah disiapkan,” ujarnya kepada Sumeks, Selasa (15/9).

Tak hanya itu, dengan membangun terminal seharga Rp250 juta tersebut, diharapkan berdampak kepada kenaikan PADes. Yang sebelumnya berada di kisaran Rp50 juta tiap tahun, kedapanya akan mencapai Rp500 juta.

“Nanti kami akan membangun home stay, tempat lesehan, sarana olah raga juga pujasera khusus buat produk lokal yang ada di citengah,” paparnya.

Sementara itu, Kasi Usaha Ekonomi Masyarakat (UEM) Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Sumedang, Nurhayat, menyebutkan, pihaknya mendukung program tersebut.

Baca juga :
Capaian PBB Jatinangor Rendah

Pemerintah Kabupaten berharap, melalui program tersebut, Desa Citengah dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

“Kami mendukung program ini. Karena memang, salah satu lokasi yang diajukan sebagai destinasi wisata ini ya Desa Citengah,” katanya.

Target utama dari program tersebut, lanjut Nurhayat, adalah meningkatkan perekonomian dan memberdayakan warga sekitar.

“Dan otomatis nanti akan meningkatkan PAD juga. Ini dikelolanya oleh BUMDES yang kemudian akan mendapat keuntungan 3%,” tuturnya. (red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.