oleh

Curug Sindulang Akan Direnovasi

CIMANGGUNG – Untuk memastikan kawasan wisata Curug Sindulang yang masuk dari akses Kabupaten Sumedang, dikunjungi wisatawan, anggota DPRD Kabupaten Sumedang didampingi Sekcam Cimanggung, Babinmas Desa Sindulang dan PJs Kades Sindulang  meninjau lokasi wisata tersebut, kemarin. 

Sekcam Cimanggung Juni Sujatnika mengatakan kedatangan para dewan untuk memverifikasi objek wisata Curug Sindulang terutama akses dari wilayah Cimanggung Kabupaten Sumedang. Termasuk pengelolaan wahana wisata yang masuk di wilayah Kabupaten Sumedang. 

“Peninjauan atau verifikasi pelaksanaan penataan obyek wisata itu dilakukan anggota dewan Sumedang. Sementara itu penataan akan dilaksanakan tahun ini,” ungkapnya.

Hal ini, kata Sekcam dilakukan untuk menyusul perencanaan penataan objek wisata Curug Sindulang yang masuk wilayah Sumedang.

“Verifikasi ini sengaja dilakukan agar penataannya cepat terlaksana dan secepatnya ada perubahan pembangunan untuk meningkatkan daya tarik wisatawan lokal maupun asing yang masuk dari wilayah Sumedang,” ungkap Juni.

Selain itu, imbuh Juni, pembangunan objek wisata curug Sindulang untuk meningkatkan penguatan infrastuktur pelayanan dasar yang menunjang pertumbuhan Ekonomi serta Mengoptimalkan pembangunan sumber Daya Manusia yang agamis, Produktif dan Mandiri,” tandasnya. 

Sementara itu, Anggota DPRD Sumedang dari PAN, Dudi Supardi mengatakan upaya pengelolaan wisata Curug Sindulang yang diberikan pelimpahan dari Pemprov ke Pemkab Sumedang, justru kalah cepat sama Bandung. Sebab, jauh jauh hari Pemkav Bandung sudah merenovasi kawasan Curug Sindulang dengan view dan akses yang menarik. 

“Sebagai anggota dewan, saya masih bingung dengan alokasi yang diberikan dari provinsi. Pemkab Sumedang mau menata dari sebelahmananya? Sementara Pemkab Bandung sudah masif membangun prasarana yang kebetulan lokasinya sangat strategis berhadapan dengan muka Curug. Memang lokasi curug (air terjun) ada di wilayah Kabupaten Sumedang, tapi akses kita ada di belakang curug,” katanya. 

Dudi melanjutkan, sebaiknya Pemkab Sumedang bekerjasama dengan Pemkab Bandung dalam sharing pengelolaan. Sehingga hasil retribusinya bisa dibagi dua. Atau mungkin Pemkab Sumedang membuat akses jalan yang menembus ke Curug. Kemudian menata samping sebelah kanan curug dengan berbagai sarana dan prasarana yang lebih menarik dan milenial. 

“Saya kira hal ini perlu perencanaan yang matang agar lebih terarah. Jangan sampai kita kalah satu langkah dengan Bandung. Kalau seperti ini kaya yang saingan dengan Pemkab Bandung,” tandasnya. 

Seperti diketahui anggota DPRD Sumedang yang datang melakukan tinjauan diantaranya Asep Kurnia dari Golkar, dr. Iwan Nugraha dari fraksi PKS, Rita Rosana Phodesta dari praksi PDIP, Herman Habibulloh fraksi PKB. (imn) 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 komentar

  1. Banyak orang yang telah meraih puluhan juta rupiah hanya dengan bermain game di dupa88,net sekarang saatnya giliran kamu untuk seperti mereka kunjungi situsnya dan bergabunglah sekarang juga

News Feed