oleh

Daftar Cerai di Pengadilan Agama Bisa Online

SUMEDANGEKSPRES.COM – Pengadilan Agama Kabupaten Sumedang menerapkan daftar gugatan cerai/talak secara online. Langkah ini, sebagai salah satu upaya pencegahan penularan virus korona.

“Jadi yang mau daftar gugatan cerai/talak tidak perlu ke sini (pengadilan agama, red), cukup online saja,” ujar Kabag Humas Pengadilan Agama Drs Nuryadi Siswanto MH kepada Sumeks, Rabu (8/4).

Namun demikian, saat ini pihaknya masih melakukan persidangan.

“Kita melayani pelayanan persidangan di pengadilan agama, karena sudah melalui proses pendaftaran jauh-jauh hari. Dan kebetulan masuk pada tanggap darurat, jadi pelayanan harus tetap berjalan,” katanya.

Nuryadi menambahkan walaupun persidangan tetap berjalan, pihaknya membatasi jumlah pengunjung dalam upaya pencegahan Covid-19.

“Di depan, sebelum masuk pengadilan kita menyediakan tempat untuk mencuci tangan, sanitizer, masker, dan untuk tempat duduk kita atur jaraknya,” ungkapnya.

Ia mengatakan, kebanyakan warga Kabupaten Sumedang datang ke pengadilan agama adalah untuk, pendaftaran gugatan maupun pelayanan permohonan cerai atau talak.

“Saya harapkan, kalau memang mendesak sekali silahkan daftar, melalu online, kami tidak bisa melarang larang. Tapi jika dirasa tidak cukup penting, bisa ditunda sampai pademi penularan Covid-19 hilang,” harapnya.

Ia juga mengatakan, untuk pegawai di Pengadilan Agama, diberlakukan sistem shift, seminggu masuk kantor, seminggu kemudian bekerja dari rumah.

“Itu semua kita lakukan untuk meminalisir penyebaran Covid-19 terhadap pegawai. Kita pun mewajibkan para pegawai untuk memakai masker,” pungkasnya. (rif)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

3 komentar

News Feed