oleh

Dalam Keterbatasan Ekonomi, Penjual Bakso ini Tulus Hidupi Kakaknya yang Tak Melihat

SUMEDANGEKSPRES.COM – Kisah mengharukan kembali datang dari Kecamatan Paseh, Kabupaten Sumedang. Seorang penjual bakso harus rela kehilangan omsetnya ditengah wabah Covid-19 yang melanda sejumlah daerah di Kabupaten Sumedang.

Saat Sumedang Ekspres menuju kediamannya, kami disambut hangat oleh seorang wanita tua yang memiliki keterbatasan pada penglihatanya. Dia adalah Edah, kakak kandung dari Sabri, 54, yang merupakan pedagang bakso keliling.

Edah adalah anak tertua dari 4 bersaudara. Kini, ia tinggal dan diurus oleh adiknya Sabri di Dusun Sidaraja Rt 29 Rw 07, Desa Padanaan, Kecamatan Paseh.

Keseharian Sabri sendiri, adalah seorang penjual bakso yang berkeliling menggunakan motor kesayangannya, mengitari Kecamatan Paseh hingga Kecamatan Tomo.

Bakso yang dijual Sabri bukanlah buatannya sendiri. Dia hanya menjualkan bakso milik orang lain yang kemudian harus setor setiap harinya.

Sebelum pandemi, rata-rata pendapatan Sabri maksimal sekitar Rp40 ribu tiap hari. Namun kini, pendapatanya paling mentok sekitar Rp25 ribu tiap harinya.

Pendapatan yang ia hasilkan dari berjualan bakso, ia gunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup 4 anggota keluarganya. Yakni isteri, dua anaknya dan kakaknya, Edah.

“Ya dicukup-cukupin saja, karena itu sudah jadi tanggung jawab saya,” ujarnya.

Tak hanya itu, Sabri juga mengaku, terkadang untuk makan sehari-hari kakaknya, selalu ada yang memberikan bantuan.

Walaupun belum tersentuh oleh pemerintah, Sabri tidak pernah mengeluh apalagi mengemis kepada pemerintah untuk diberikan bantuan.

“Dulu sudah diusahakan oleh pak RT disini, tapi memang belum rejekinya,” sebutnya.

Sungguh malang nasib Sabri, disaat usahanya terganggu virus mematikan, namun rasa tanggung jawabnya terhadap keluarga harus tetap ia jalani. (bay)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 komentar

  1. ⁣lindungi diri dan keluarga tercinta dari #covid19 cukup #dirumahaja bantu utk memutus rantai wabah virus corona dgn main game online di QQHarian (cari atau seacrh di google yaa). selain utk mengusir kejenuhan karna ga bisa kemana-mana juga bisa jadi pemasukan/uang tambahan selama masa pandemi virus corona ini guys.

News Feed