oleh

Damri Hangus Terbakar

Penumpang Pecahkan Kaca

Diduga Korslet Bagian Dasbor

JATINANGOR – Bus Damri Nomor Polisi D 7589 AP, terbakar di depan Kampus IPDN sekitar pukul 10.40, kemarin (6/2). Kejadian itu, berlangsung cepat hingga menghanguskan separuh badan bus jurusan Dipatiukur-Jatinangor PP hingga gosong.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Sebanyak 13 penumpang yang kebanyakan mahasiswa, termasuk sopir dan kondektur, berhasil menyelamatkan diri.

Saat kejadian, bus tersebut tengah melaju dari Bandung menuju full bus di depan Unpad Jatinangor. Namun di depan IPDN, dasbor bus tiba-tiba mengeluarkan asap.

“Penumpang mulai panik karena keluar asap dari depan dasbor. Kejadian itu persis di depan Kampus IPDN. Setelah asap keluar, tiba-tiba muncul api. Keadaan pun tambah panik karena semua pintu keluar secara otomatis terkunci tidak bisa dibuka,” terang Wahyu, 50, sopir Bus Damri kepada Sumeks di lokasi kejadian.

Menurutnya, untuk menyelamatkan para penumpang, saat itu dirinya mengambil palu untuk memecahkan kaca agar ada pintu darurat. Selesai memecahkan kaca pintu darurat, penumpang berhamburan keluar.

“Api ketika itu tambah besar lalu membakar semua isi bus. Beruntung semua penumpang selamat tidak ada yang sampai jadi korban,” ujarnya.

Sementara itu, api berhasil dipadamkan setelah satu Damkar dan IPDN turut memadamkan api satu jam kemudian.
Kapolsek Jatinangor Kompol Dede Suharja yang langsung turun ke lokasi kejadian mengatakan, dugaan sementara asal api akibat korsleting listrik di bagian depan kendaraan (dasbor).

“Petugas Damkar IPDN dibantu anggota polsek dan koramil, mencoba membantu memadamkan api. Namun karena api cepat membesar, sehingga sulit dipadamkan. Tapi beberapa menit kemudian api berhasil dikuasai setelah ada damkar,” ucapnya.

Akibat kejadian kebakaran Bus Damri yang berada di bahu jalan itu, membuat kendaraan yang akan melaju ke arah Sumedang terhambat. Kemacetan pun tidak bisa dihindari.

“Kami menurunkan petugas lalulintas agar tidak terjadi kemacetan lebih parah lagi. Sebab hampir satu jam kendaraan tidak bisa lewat sebelum api padam,” tuturnya.

Arus lalu lintas kembali normal setelah Bus Damri yang terbakar selesai dipadamkan. Kini, kasus kebakaran yang menghanguskan bus itu dalam penanganan petugas kepolisian Polsek Jatinangor. (kos)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed