Dana Parpol Dinaikan

Dana Parpol Dinaikan

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Taufik Kurniawan. (DOK.JPNN)

Peliput/Editor: JPNN

WAKIL Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Taufik Kurniawan mengapresiasi pemerintah yang menaikkan dana bantuan partai politik. Dia mengatakan, PAN tidak melihat besar atau kecilnya kenaikan dana parpol. “Namun, sebagai bagian parpol hanya melihat dari esensi penambahan dana banpol tersebut,” ujar Taufik di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (28/8).

Menurut Taufik, dukungan pemerintah itu harus menjadi catatan bagi parpol sebagai tiang penyangga demokrasi untuk memacu diri agar lebih baik. Salah satunya dengan memprioritaskan dana itu untuk pendidikan politik. “Karena salah satu fungsi parpol adalah menciptakan calon-calon pemimpin bangsa sesuai dengan sistem demokrasi yang kita anut,” ujarnya.

Dia mengatakan, untuk praelektoral, dana itu bisa digunakan untuk matrikulasi calon anggota legislatif dan presiden jika pemilu dilaksanakan serentak. “Sehingga perlu pemberian penambahan visi misi calon sehingga tidak beri cek kosong,” kata Taufik.

Dalam proses elektoral, lanjut Taufik, dana itu bisa digunakan parpol untuk berkompetisi secara sehat guna meraih simpati masyarakat. “Ini bagian yang perlu diperhatikan juga,” tegas Taufik.

Sedangkan untuk pascaelektoral, dana digunakan dalam proses parpol mengamankan suara-suara melalui kader yang ditempatkan di setiap tempat pemungutan suara (TPS). (boy/jpnn)

Komentar

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Hosting Unlimited Indonesia