Dana Rp 1 M untuk Desa Wisata Dipertanyakan

Dana Rp 1 M untuk Desa Wisata Dipertanyakan

POTENSI INDAH: Potensi bendungan Jatigede bisa menjadi daya tarik wisatawan. (IST)

PEWARTA: HERI PURNAMA/SUMEKS

 

JATIGEDE – Warga di sejumlah desa wilayah pesisir Waduk Jatigede mempertanyakan realisasi bantuan untuk desa wisata.

Sekitar tiga tahun lalu, pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata mewacanakan akan membentuk desa wisata di wilayah Waduk Jatigede dan akan memberikan bantuan senilai Rp 1 miliar untuk satu desa wisata. Namun hingga kini rencana tersebut belum terealisasi.

”Dulu janji mau dibentuk desa wisata. Kalau tidak salah ada empat desa di wilayah Jatigede yang akan dijadikan desa wisata dan dijanjikan akan diberi bantuan Rp 1 Miliar. Tapi belum ada juga sampai sekarang,” ujar tokoh eks warga genangan Jatigede, Suharyana, Minggu (7/4).

Kata dia pembentukan desa wisata harus segera direalisasikan. Agar masyarakat di pesisir Jatigede bisa lebih berdaya. Dengan dijadikannya desa wisata, warga desa bisa mengelola dan bisa menyiptakan tempat-tempat yang bisa dikunjungi.

”Kalau sekarang yang memiliki tempat kunjungan itu bersifat perorangan. Jadi belum bisa memberdayakan banyak orang,” katanya.

Dia menambahkan, jika saja ada bantuan warga bisa mengembangkan dan membangun tempat yang menarik untuk jadi tempat wisata di sejumlah titik pesisir waduk.

”Kalau dari sisi usahanya kan kita bisa membuat pemancingan ikan, membuat area dagang dan membuat area parkir. Bahkan bisa membuat toilet umum di setiap tempat titik wisata,” katanya.

Salah satu tokoh masyarakat Desa Penyangga, Sobana menilai, untuk desa yang ada di pesisir waduk memang sudah seharusnya ada pemberdayaan untuk masyarakatnya. Sebab sebagian besar warga terdampaknya pindah ke desa penyangga.

Selain itu, desa penyangga harus dari sekarang menyiapkan badan usaha milik desa (bumdes), untuk menaungi wisata yang ada.

“Kalau bantuannya sudah jelas, masyarakat dan pemerintah desa bisa langsung ke bagian teknis,” kata dia. (eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.