oleh

DBD Telan Lima Korban Jiwa

Bupati Ajak Jalankan PSN Serentak

SUMEDANGESKPRES.COM – Kabid P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang, dr Reny K Anton mengatakan, jumlah kasus demam berdarah dengue (DBD) di kabupaten Sumedang selama Tahun 2020 sampai bulan Juli, mencapai 462 kasus dengan angka kematian lima orang.

“Kasus tertinggi terjadi pada bulan Maret 114 kasus dan angka kematian terjadi pada bulan Februari 2 orang serta bulan Mei 3 orang. Sehingga, total ada 5 orang,” jelas Reny, Selasa (11/8).

Kecamatan dengan jumlah kasus terbanyak, adalah Kecamatan Jatinunggal, Ujungjaya, Sumedang Selatan, Darmaraja dan Pamulihan. Dan dalam upaya pencegahan dan pengendalian DBD saat ini, yang lebih penting dengan melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN).

PSN ini, harus dilakukan secara berkesinambungan dan menyeluruh dengan peran serta aktif dari masyarakat. “Aktifkan kembali GIRIJ (Gerakan 1 Rumah 1 Jumantik). GIRIJ ini sudah terbentuk di setiap desa, hanya mungkin tidak aktif,” jelasnya.

Untuk fogging, lanjut Reny, hanya dilakukan atas indikasi adanya kasus positif (gejala klinis dan laboratorium yang mendukung). Selain itu, dilakukan Penyelidikan Epidemiologi dengan hasil jentik Positif  dan ABJ (angka bebas jentik kurang lebih 95 %).

Sementara itu, Bupati Sumedang Dr H Dony Ahmad Munir, mengeluarkan Surat Edaran terkait upaya pencegahan meningkatnya kasus DBD. Di Sumedang sendiri, DBD berpotensi menimbulkan KLB dan wabah.

Dalam Surat Edaran yang ditujukan kepada kepala SKPD, camat dan juga pimpinan BUMD/BUMN, bupati mengajak untuk senantiasa menyosialisasikan gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) secara rutin dan berkala.

Selain itu, Dony juga meminta kepada semua pihak untuk mengajak masyarakat melakukan PSN secara serentak pada 14 Agustus 2020. PSN merupakan cara yang mudah, murah dan efektif dalam upaya mencegah DBD. (atp)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 komentar

News Feed