Delapan Hari Lagi Dibuka Pendaftaran

Delapan Hari Lagi Dibuka Pendaftaran

DITEMUI: Kepala Divisi Teknis Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumedang Junan Junaedi saat ditemui media, kemarin.

PEWARTA: SOBAR BAHTIAR/SUMEKS

Paslon Perseorangan Harus Lengkapi Administrasi

KOTA – Kepala Divisi Teknis Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumedang Junan Junaedi menghimbau agar paslon perseorangan segera melengkapi administrasi persyaratan berdasarkan Peraturan KPU nomor 3 tahun 2017 tentang pencalonan. Hal itu dilakukan menjelang dibukanya pendaftaran pasangan calon (Paslon) bupati dan wakil dari jalur perseorangan.

Menurutnya, KPUD Sumedang akan segera membuka pendaftaran bakal calon perseorangan mulai tanggal 22 November mendatang.

“Penyerahan dokumen persyaratan dari paslon akan mulai diterima di kantor KPUD Sumedang Jalan Serma Muchtar no 98. Mulai dari tanggal 22 sampai 26 November 2017 nanti,” kata Junan kepada Sumeks, Selasa (14/11).

Terkait dengan persyaratan paslon perseorangan, pihaknya mengakui telah menyosialisasikan Sistem Informasi Pencalonan (Silon) perseorangan. Selain itu, pihaknya juga telah mengumumkannya pada para kandidat perseorangan maupun melalui berbagai media.

“Sosialisasi itu kami lakukan sejak tanggal 9 sampai dengan 22 November 2017,” sebut Junan.

Selain itu, lanjut Junan, persyaratan dari paslon tersebut berisikan, syarat dukungan pasangan perseorangan, dengan formulir B 1 KWK, hard copy dan soft copy nya.

“Dan, sesuai yang disyaratkan minimal mempunyai dukungan masyarakat yang dilengkapi dengan fotocopy KTP elektronik minimal berjumlah 62.859 dukungan,” ujarnya.

Dari jumlah dukungan tersebut, kata dia, KPU sudah menentukan berapa jumlah sebarannya. Minimal, tersebar di 14 kecamatan se Kabupaten Sumedang.

“Setelah dilaksanakan penyerahan dokumen dari paslon, KPU selanjutnya akan malakukan verifikasi faktual administrasi,” ucapnya.

Sementara itu, KPU bersama PPS di daerah juga akan melakukan verifikasi faktual pada masyarakat perihal mendukung dan tidak mendukungnya kepada si paslon tersebut.

“Meski demikian, sebelumnya para paslon perseorangan banyak yang sudah melakukan konsultasi dengan KPU terkait persyaratan yang harus ditempuh. Hingga kini, kami pun masih terbuka bagi para paslon perseorangan yang ingin berkonsultasi,” tandasnya. (bay)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.