Senin, 3 Agustus 2020

Sumedang Ekspres

Bacaan Utama Warga Sumedang

sumeks images

BIMTEK: Salahsatu Pusat Informasi Konseling (PIK) Remaja tengah mengikuti bimtek kewirausahaan berupa sablon. NET/ILUSTRASI

Di Sumedang, 151 PIK Remaja Terbentuk

SUMEDANGEKSPRES.COM – Keberadaan Pusat Informasi Konseling (PIK) Remaja, memegang peranan yang strategis dalam memberikan wawasan dan pengetahuan, khususnya terkait kesehatan remaja.

Di Kabupaten Sumedang, sejauh ini sudah terbentuk 151 PIK Remaja yang tersebar di beberapa kecamatan, termasuk PIK Remaja yang dibentuk di Kampung KB.

Dari 151 PIK Remaja ini, 15 PIK diantaranya merupakan PIK Remaja dari jalur pendidikan dan sisanya merupakan jalur masyarakat. Hal itu disampaikan Kasie Kesehatan Reproduksi Remaja, Erna Juwita, belum lama ini.

Menurutnya, pembentukan PIK Remaja sebagai upaya untuk memberikan pengetahuan terhadap para remaja. Terutama, dalam membentuk remaja yang berkualitas.

“Output akhir dari PIK R ini adalah bagaimana remaja bisa menunda pernikahan dini sesuai dengan program PIK R yaitu penundaan usia pernikahan (PUP),” jelas Erna.

Dijelaskan, untuk saat ini, Program PUP untuk wanita minimal usia 21 tahun dan laki-laki usia minimal 25 tahun. Dijelaskan, semua remaja dengan kisaran umur 10 tahun hingga 24 tahun (belum menikah) bisa menjadi anggota PIK R.

Disebutkan, dalam PIK R ini, remaja akan mendapatkan wawasan dan pengetahuan sehingga ketika suatu saat menikah mereka telah siap. “Yang jelas, lewat program ini, diharapkan bisa menekan angka kelahiran dan juga menghindari stunting serta menghasilkan generasi yang berkualitas,” tandasnya. (atp)