Dinas Arsip dan Perpustakaan Raih Penghargaan

Peliput/Editor: ASEP NURDIN/SUMEKS

Dinas Arsip dan Perpustakaan Raih Penghargaan

TUNJUKKAN: Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Eem Hendrawan saat menunjukkan penghargaan yang yang diperoleh Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sumedang, kemarin.

Tingkatkan Minat Baca

SUMEDANG – Kepala Dinas Arsip Dan Perpustakaan Kabupaten Sumedang Eem Hendrawan mengatakan upaya untuk meningkatkan minat baca masyarakat, pihaknya menyediakan perangkat komputer plus jaringan internet. Hal itu dilakukan secara gratis di sejumlah perpustakaan.

Tujuannya, kata Eem, untuk memfasilitasi pengunjung dalam menggali berbagai informasi terkini.

“Kita jadikan perpustakaan itu bukan hanya sebagai tempat membaca saja, tapi di perpustakaan masyarakat dapat menggali banyak informasi. Seperti, pendidikan, kesehatan, pertanian, peternakan dan lain-lain,” kata Eem kepada Sumeks di ruang kerjanya, kemarin (7/11).

Dikatakan, untuk tahap awal perpustakaan berbasis teknologi ini baru dikembangkan di tiga desa serta perpustakaan daerah. Diantaranya, Desa Margalaksana dan Kelurahan Kota Kulon Kecamatan Sumedang Selatan serta Desa Naluk Kecamatan Cimalaka.

“Kita fasilitasi empat unit komputer plus jaringan internet untuk setiap desanya,” tandasnya.

Bahkan, kata dia, pihaknya sudah menerima pengajuan dari sejumlah desa untuk pengembangan perpustakaan berbasis teknologi tersebut. “Tentunya, bagi desa-desa yang sudah memiliki ruang perpustakaan atau pojok baca,” katanya.

Disebutkan, perpustakaan berbasis teknologi akan membawa dampak luar biasa bagi masyarakat. Seperti yang dilakukan Restu Aditiya, siswa kelas dua SMAN 3 Sumedang yang memiliki penghasilan hingga Rp 4 juta setiap bulan.

“Sebab, Restu rajin berkunjung ke perpustakaan dan menggali banyak informasi. Maka, Restu terinspirasi dengan bisnis online. Sambil belajar di perpustakaan, Restu menjalankan bisnis onlinenya,” papar Eem.

Karena keberhasilannya dalam mengelola perustakaan, Perpustakaan Daerah Kabupaten Sumedang mendapatkan penghargaan dari Perpuseru. Perpustakaan Daerah Sumedang muncul sebagai pemenang lomba cerita impack kategori tulisan Regional Peer Learning Meeting Tahun 2017 di Yogyakarta belum lama ini. (nur)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.