Dinsosnakertrans Data Keberadaan TKA

Dinsosnakertrans Data Keberadaan TKA

PROYEK TOL: Sejumlah pekerja menuju proyek terowongan Tol Cisumdawu, beberapa waktu lalu. Dari adanya proyek tersebut, sebagian pekerjanya merupakan TKA yang sudah terdaftar. (NET/ILUSTRASI)

Peliput/Editor: Engkos Koswara/Iman Nurman

SUMEDANG – Dalam mengantisipasi Tenaga Kerja Asing (TKA) ilegal, Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Sumedang, mengecek sejumlah pabrik dan mendata jumlah TKA yang ada di beberapa perusahan.

Hasilnya, terdata sebanyak 328 orang TKA yang telah terdaftar. Tenaga asing tersebut kebanyakan dari Negara Cina sebagai tenaga ahli di Kabupaten Sumedang yang bekerja di proyek Jalan Tol Cisumdawu serta perusahaan lainnya.

Disampaikan Kepala Dinsosnakertrans Kabupaten Sumedang Dikdik Sadikin, mereka sudah memiliki dokumen Izin Mengerjakan Tenaga Asing (IMTA). Begitu juga TKA sudah memiliki dokumen ketenagakerjaan yang lengkap dan sah sesuai aturan berlaku.

Menurutnya, dari setiap bulanya TKA selalu dilaporkan oleh masing-masing perusahaan yang menggunakan tenaga asing untuk bekerja di perusahaanya. “Selain mendapatkan laporan jumlah tenaga asing, kami juga langsung mengecek ke lokasi pabrik yang mempekerjakan para TKA,” terang Dikdik usai melakukan pengecekan, kemarin (29/8).

Dari yang terdata, lanjut Dikdik, para TKA bekerja di sejumlah perusahaan industri sebagai tenaga ahli sebagai quality control manager dan civil manajer. Seperti di PT Dewhirts, Kwalram, Yakjin dan Five Star di wilayah Kecamatan Jatinangor dan Cimanggung.

Dari data yang ada, laporan keberadaan TKA yang menetap atau bekerja di satu perusahaan yang ada di Kabupaten Sumedang, ada sekitar 16 perusahaan. Sedangkan yang tidak menetap atau bekerja di beberapa perusahaan yang ada di Kabupaten Sumedang serta di luar kabupaten, ada 29 perusahaan. (kos)

Komentar

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Hosting Unlimited Indonesia