Dishub Akan Bangun Pelicans Crossing

Peliput/Editor: ASEP NURDIN

Dishub Akan Bangun Pelicans Crossing

PAPARKAN: Staff Teknis dan Sapras Dishub Sumedang, Dudi Firmansyah saat memaparkan sistem penyebrangan jalan. (Foto: ASEP NURDIN/SUMEKS)

KOTA – Upaya membuat nyaman para penyebrang jalan, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sumedang, akan menciptakan terobosan baru yang disebut dengan pelican crossing.

Sistem ini sebenarnya tidak jauh berbeda dari zebra cross pada umumnya, hanya saja dilengkapi dengan fitur-fitur lain yang lebih modern.

“Pelican crossing ini sama dengan lampu merah, cuman sistemnya secara manual atas permintaan penyebrang, jadi berbeda dengan traffic light biasa, kan itu sudah di setting secara otomatis,” kata Staff Teknis dan Sapras Dishub Sumedang, Dudi Firmansyah  belum lama ini.

Penyebrang, kata dia, cukup menekan satu tombol dan dua iluminasi, pictogram berwarna yang menghadap pejalan kaki dari seberang jalan.

“Alat  ini sangat cocok diterapkan di sekolahan dan ruang publik terbuka di ruas jalan perkotaan,” ujarnya.

Cara kerjanya, penyebrang cukup menekan satu tombol dibawah pictogram (tekan saya), maka pelican akan merespon langsung.

“Dari kuning ke merah dan kuning ke hijau durasi waktunya tiga detik perpindahan lampunya,” terang dia.

Jadi, ada warning tersendiri sebelum berbunyi. Sedangjan waktu yang dibutuhkan, minumal 15 detik. “Tergantung lebar jalan. Kalau semakin lebar, maka durasi waktunya akan lebih lama,”  terangnya.

Untuk membuat satu paket pelican crossing, kata dia, dibutuhkan anggaran sekitar Rp200 juta. (nur)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.