Diskoperindag Siap Bantu Modal UKM

Peliput/Editor: IIS SULASTRI/SUMEKS

Diskoperindag Siap Bantu Modal UKM

Branch License Manager Alfamart Bandung Reynaldi disaksikan GM Harian Pagi Sumedang Ekspres Handri S Budiman memberikan cinderamata kepada kadis koperindag Kabupaten Sumedang, H Dadang Sukma

KEPALA Dinas Kopersi UKM Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Sumedang, H Dadang Sukma, mengapresiasi acara pelatihan manajemen ritel, yang digelar Alfamart bekerja sama dengan Harian Pagi Sumedang Ekspres. Bahkan, Dadang berharap, acara serupa bisa digelar di 26 kecamantan di Kabupaten Sumedang.

Dengan digelarnya acara ini, kata dia, para peserta yang notabene pemilik warung ini, bisa mendapatkan ilmu dalam pengelolaan warungnya. Baik itu, dari segi penataan maupun dalam menjalankan manajemen keuangannya.

Selain itu, Dadang mengapresiasi program Alfamart dalam membantu usaha mikro kecil dan menengah, dengan membantu pemenuhan pasokan barang melalui program Outlet Binaan Alfamart (OBA). “Saya sangat mengharapkan ada sinergi antara Alfamart dengan para pemilik warung ini. Adanya program Alfamart yang membantu permodalan pemilik warung, setidaknya Alfamart ini menjadi bapak asuhnya para UMKM ini,” terang Dadang.

Pada kesempatan ini, Dadang menyampaikan, Pemkab Sumedang mendukung program ataupun perkembangan para pelaku UMKM. Salah satunya, dengan mendorong dari segi pemodalan berbisnis berupa pinjaman dana untuk usaha.

“Dinas siap membantu pemodalan dengan memberikan pinjaman yang memiliki bunga sangat kecil sampai 0,5%. Hal ini karena pemerintah memiliki program agar masyarakat terhindar dari peminjaman kepada renternir. Diharapkan, pelaku UMKM dapat berwirausaha secara tertib, tertata, dan teradministrasi”, ujar Dadang

Untuk bantuan modal usaha di bawah Rp 5 juta, terang Dadang, warga Sumedang baik secara kelompok maupun perorangan, tidak dimintai jaminan. Persyaratannya cukup mudah. Di antaranya melampirkan KTP penduduk Sumedang. “Proses pinjaman modal usaha ini, tidak lama. Silakan warga Sumedang untuk mengajukannya ke Diskoperindag,” tutup Dadang. (cr1)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.