Doamu Janjikan Bangun Poros Citengah-Cibugel

Peliput/Editor: ASEP NURDIN/SUMEKS

Doamu Janjikan Bangun Poros Citengah-Cibugel

BERBINCANG: Calon bupati Sumedang Nomor Urut 1 H Dony Ahmad Munir (Doamu) tengah berbincang dengan sejumlah masyarakat, belum lama ini. (ASEP NURDIN/SUMEKS)

PERLUAS PERKOTAAN

KOTA – Calon bupati Sumedang Nomor Urut 1 H Dony Ahmad Munir (Doamu), berjanji akan membangun akses jalan antara Citengah-Cibugel, yang saat ini masih dalam kondisi sangat memprihatinkan. Jalur sepanjang kurang lebih 16 kilometer itu, seakan dibiarkan terbengkalai begitu saja.

“Padahal jika ditata dan dibangun sedemikian rupa, maka ada banyak potensi yang jelas memiliki nilai ekonomi,” kata Dony, belum lama ini.

Menurutnya, ada beberapa keuntungan yang akan diraih. Di antaranya dapat mengembangkan potensi wisata, terutama yang sudah ada.
“Di jalur tersebut ada tempat wisata Kampung Karuhun, Curug Cigorobog, Perkebunan Teh Bangbayang dan lainnya,” terang Dony.

Selain itu, kata Dony, akan memperpendek jarak tempuh dari Kecamatan Cibugel ke pusat pemerintahan ibu kota Kabupaten Sumedang.
“Jika jalur yang biasa dilalui saat ini memutar melalui Kecamatan Darmaraja berjarak sekitar 43 kilometer, dengan dibangunnya akses Citengah-Cibugel, maka akan memperpendek jarak tempuh hingga 16 kilometer,” tuturnya.

Bahkan, lanjut Dony, nantinya dapat dijadikan jalur alternatif Sumedang-Garut via Limbangan, manakala musim arus mudik lebaran atau saat-saat tertentu.

“Tngginya volume kendaraan saat ini, tidak berbanding lurus dengan pembangunan jalan, sehingga dengan dibangunnya jalur Citengah-Cibugel ini, dapat menjadi solusi dalam mengurai kemacetan,” katanya.

Dony berharap, pembangunan jalan tersebut dapat membawa perubahan besar bagi Sumedang, terutama akan terwujudnya perluasan kawasan perkotaan. (nur)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js