Dongkrak Minat Baca dan Menulis

Peliput/Editor: FOTO-FOTO: TIM DOK MUSAS

Dongkrak Minat Baca dan Menulis

KOMPAK: Peserta Pelatihan Jurnalistik dan Literasi foto bersama usai kegiatan di Graha Ahmad Dahlan SMK Muhammadiyah 1 Sumedang, Senin (30/11).

Musas Gelar Pelatihan Jurnalistik dan Seminar Literasi **

SUMEDANG – SMK Muhammadiyah 1 Sumedang (Musas) menggelar Pelatihan Jurnalistik dan Seminar Literasi, kemarin (30/10). Acara yang digelar dalam rangka memperingati Bulan Bahasa dan Hari Sumpah Pemuda ini, dilaksanakan di Graha KH Ahmad Dahlan.

Ketua Panitia Pelaksana Icha Denisa Dearwati berharap, kegiatan ini bisa mendongkrak minat baca generasi muda yang dinilai sangat rendah. “Juga untuk mengembangkan minat dan potensi siswa dalam menulis,” katanya di sela-sela kegiatan.

Acara yang dihadiri perwakilan 50 sekolah tingkat SMP dan SMA itu, menghadirkan dua narasumber. Yakni Pimpinan Redaksi Sumedang Ekspres (Sumeks) Handri S Budiman dan Dosen STKIP Unsap Sumedang Windu Mandela.

“Setelah mendapatkan ilmu dari kedua narasumber yang kompeten, kami berharap para peserta pelatihan dapat mengembangkan kemampuan menulisnya untuk dikembangkan di sekolah masing-masing,” tuturnya.

Sementara itu Kepala SMK 1 Muhammadiyah Drs H Dadang Setiawan MAg menuturkan, gerakan literasi sudah terlahir sejak zaman Rasulullah SAW.

“Wahyu pertama yang diturunkan Allah SWT, memerintahkan umat manusia untuk membaca,” terangnya.

Pelatihan jurnalistik dan seminar literasi yang diprakarsai SMK 1 Muhammadiyah ini, kata Dadang, merupakan wujud kepeduliannya terhadap generasi Sumedang.

“Mudah-mudahan, niat baik kami ini dapat membawa perubahan yang signifikan bagi para remaja,” terangnya.

Dadang berpendapat, dengan banyak membaca, orang akan mampu menguasai dunia. (nur/adv)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.