oleh

DPRD Minta PDAM Kembalikan Kepercayaan Konsumen

SUMEDANGEKSPRES.COM, KOTA – Upaya  mengembalikan marwah Perusahaan Umum Daerah (Perumda) atau dulu PDAM Tirta Medal sebagai badan usaha yang sehat dan kokoh, ada tiga poin penting yang harus dibangun pejabat sementara saat ini.

Seperti dikatakkan Sekretaris Komisi ll DPRD Sumedang, Herman Habibullah kepada Sumeks, Selasa (4/8). Pertama, kata dia, mengembalikan kepercayaan konsumen. “Ini sangat penting. Karena lebih dari 35 ribuan konsumen, merupakan aset berharga yang harus dijaga,” katanya.

Herman beralasan, konsumen merupakan sumber kekayaan dan ujung tombak majunya sebuah perusahaan. “Saya berharap, mulai hari ini dan seterusnya, kembalikanlah kepercayaan itu ke konsumen. Apalagi PDAM sudah disyahkan menjadi Perumda,” tuturnya.

Kedua, kembalikan kepercayaan manajemen. “Jangan sampai terjadi diskoordinasi atau hal-hal tidak baik di tataran manajemen. Karena satu sama lain, segala sesuatunya berangkat dari manajemen itu sendiri,” kata politisi PKB itu menjelaskan.

Baca Juga :
PDAM Harus Jadi Aset Masyarakat

Terlebih, pucuk pimpinan bisa dikendalikan bawahan atau bahkan tidak ada kepercayaan dari bawahan dan komponen manajemen lainnya. “Itu jangan sampai terjadi,” pintanya.

Ketiga, kembalikan kepercayaan pemerintah, dalam hal ini bupati dan DPRD. “Di sela-sela  laporan Pansus, saya menyampaikan sebuah prinsip/kaidah yang harus ditanamkan Perumda Tirta Medal. Memelihara hal-hal lama yang bagus seperti kekompakan, solid dan senantiasa berkoordinasi. Berikhtiarlah untuk membuka ruang-ruang pembaharuan untuk menciptakan perusahaan yang maju dan berkembang. Artinya, kalau ada kelemahan-kelemahan di masa lalu, perbaikilah dan begitu juga pertahankanlah kebaikan-kebaikan di masa lalu pertahankan,” tuturnya.

Selain itu, pihaknya juga mendorong Pemda Sumedang untuk secepatnya melakukan seleksi calon direktur dan dewan pengawas. “Karena memang, prinsip utama yang harus dikedepankan bagi perusahaan, adalah bagaimana menciptakan sebuah perusahaan yang mandiri dan kokoh,” tuturnya.

Perusahaan yang mandiri dan kokoh itu, lanjut Herman, tidak terlepas dari peran manajemen. “Bupati dalam hal ini sebagai kuasa pemilik modal, berkeinginan bahwa Perumda Tirta Medal bisa berbenah dan memulai usaha baru, dalam konteks mencari ruang-ruang perubahan,” katanya.

Secara pribadi, Herman mendorong  Pjs Direktur Perumda Tirta Medal, untuk segera menyusun langkah-langkah strategis, sebagai upaya dalam mengembalikan kepercayaan konsumen, kepercayaan mangemen serta kepercayaan pemerintah. (nur)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

2 komentar

News Feed