DPRD Sumedang, 50 Persen Wajah Baru

JATINANGOR – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mendapatkan raihan kursi terbanyak yakni 11 kursi di DPRD Kabupaten Sumedang.

Perolehan kursi itu setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumedang menggelar rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi partai Politik dan Calon terpilih Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumedang di Hotel Puri Katulistiwa Kecamatan Jatinangor, Sabtu (20/7).

”Hari ini adalah penetapan kursi Partai Politik dan anggota DPRD terpilih dengan membacakan rekapitulasi perolehan suara. Alhamdulillah untuk tingkat KPU Sumedang tidak ada parpol atau dewan yang menggugat ke MK,” ucap ketua KPU Sumedang, Ogi Ahmad Fauzi kepada wartawan, Sabtu (20/7).

Ogi menambahkan, secara perolehan suara mungkin tiap anggota dewan meraih suara berbeda. Akan tetapi, untuk posisi kursi ditempati PDIP 11, Gerindra 7, Golkar dan PPP 7 kursi.

”Sementara anggota DPRD petahana hampir setengahnya tidak lolos. Posisi dewan 50 persen wajah baru yang menggantikan posisi petahana,” ucapnya.

Menurutnya, rapat pleno ini adalah tahapan terakhir yang digelar KPU Kabupaten Sumedang. Sementara untuk pelantikan anggota dewan terpilih akan digelar pada tanggal 13 Agustus 2019 mendatang.

”Untuk pelantikan sudah bukan ranah KPU tapi Mendagri,” ungkap Ketua KPU Ogi Ahmad Fauzi.

Termasuk untuk anggota dewan yang melakukan gugatan seharusnya ke MK. Untuk tingkat kabupaten sendiri tidak ada yang menggugat. Kecuali ada anggota DPR RI di dapi SMS dari Partai Demokrat yang menggugat ke MK tetapi lokusnya tidak di Sumedang melainkan di Majalengka.

”Satu lagi, Caleg DPRD Provinsi Jawa Barat dari Partai Golkar yang menggugat ke MK. Itu pun lokusnya tidak di Sumedang melainkan di Subang. Jadi meski dapil SMS, tetapi gugatan pelanggarannya tidak di Sumedang, tapi di daerah lain,” tandasnya. (imn)

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.