oleh

Dua Jamaah Meninggal di Makkah

KOTA – Dua jamaah haji asal Kabupaten Sumedang, wafat di Tanah Suci Makkah. Keduanya adalah Hj Ukasih dan Hj Ai Jalilah Mutaqin dari KBIH An-Nuur. Dua jamaah ini, wafat karena penyakit yang diderita sejak dari Indonesia.

Menurut Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Kabupaten Sumedang, Ishak Asnawawi, Hj Ai Jalilah asal Kecamatan Jatinangor, seharusnya pulang bersama kelompok terbang 16 yang kembali kemarin (22/8). Namun, ajal menjemputnya saat melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci. Penyakit yang diderita Hj Ai Jalilah, tidak terdeteksi saat di Indonesia.

“Ada satu orang yang meninggal dunia karena sakit. Tapi karena tidak terdeteksi dari Indonesia-nya, jadi dia sakit tidak terdeteksi dari Indonesia. Mungkin sudah suratannya meninggal di Tanah Suci,” ujar Ishak Asnawawi saat dikonfirmasi wartawan saat tiba di Gedung Negera Sumedang sekitar pukul 14.00, kemarin (22/8).

Rombongan pertama ini, tiba di Sumedang dengan diangkut 10 bus. Menurut Ishak, selama proses pemberangkatan ibadah haji di Tanah Suci hingga kembali ke Sumedang, berjalan dengan aman dan lancar. “Selama proses ibadah haji sampai kembali lagi ke Kabupaten Sumedang berlangsung lancar,” imbuhnya.

Dia menyebutkan, untuk jumlah jamaah haji kloter pertama sebanyak 397 orang dan dikurangi seorang yang wafat. Meski demikian, jumlahnya tetap 397, karena ada pindahan seorang jamaah dari kloter 78.

”Jumlah rombongan jamaah haji yang tiba di Kabupaten Sumedang berjumlah 397 jemaah. Berangkat 397 orang, meninggal di tanah suci seorang, tapi saat pulang, ada seorang dari kloter 78 masuk ke kloter ini,” ujar Ishak Asnawawi.

Masih ada tiga kloter lagi dari Sumedang yang menunggu kepulangan ke Tanah air. Mereka tergabung dalam Kloter 50 sebanyak 68 orang, yang direncanakan pulang pada Selasa (2/9) pukul 15.00 WIB . Kloter 78 sebanyak 403 orang pada Selasa (10/9) pukul 04.00 WIB dan Kloter 97 sebanyak 4 orang, Senin (15/9) pukul 08.00 WIB.

Sementara itu, saat kedatangan jamaah haji kloter pertama, terlihat ribuan orang dari keluarga jamaah haji yang akan menjemput mereka, sudah berkumpul di depan Gedung Negara Sumedang. Kedatangan jamaah haji kloter pertama diangkut dengan 10 bus itu lebih cepat dari yang dijadwalkan pukul 15.00 WIB.

Pantaan Sumeks di lapangan, sempat terjadi aksi dorong dorongan antara petugas keamanan dengan keluarga penjembut. Mereka berusaha merangsek masuk ke halaman Gedung Negara Sumedang, begitu melihat rombongan bus sudah masuk, namun usaha mereka tertahan. (ign)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed