Dua Pendaki Bersihkan Tampomas

Dua Pendaki Bersihkan Tampomas

BERSIHKAN SAMPAH: Memperingati Hari Sampah Nasional, dua pemuda dari Komunitas Jarambah Sumedang melakukan pembersihan sampah di lingkungan Puncak Gunung Tampomas, kemarin (21/2). (ASEP HERDIANA/SUMEKS)

PEWARTA: ASEP HERDIANA/SUMEKS

SUMEDANG – Memperingati Hari Sampah se-Dunia, dua pemuda pecinta alam dari Sumedang membersihkan sampah di kawasan Gunung Tampomas dari jalur pendakiannya, kemarin (21/2). Kedua pemuda itu, yakni Dea Fikry S dan Andika Bahari S yang tergabung dalam komunitas Jarambah Sumedang.

Menurut Dea Fikry yang merupakan koordinator aksi ini, Gunung Tampomas merupakan salah satu gunung tertinggi di Sumedang, yang saat ini telah menjadi destinasi wisata alam, wisata sejarah dan wisata ziarah di Kabupaten Sumedang. Dan tepat di puncak Gunung Tampomas, terdapat situs Purbakala.

“Gunung Tampomas saat ini sudah menjadi salah satu objek pendakian dari banyak komunitas pendaki. Namun tentunya segala kegiatan seperti ini ada efek negatifnya meskipun kecil. Nah sampah salah satu problemnya,” terangnya.

Namun, kata Dia, sayang meningkatnya tren wisata mendaki gunung di Gunung Tampomas, tidak dibarengi dengan pengelolaan sebagai sebuah tempat wisata. Dan juga bukan merupakan taman nasional yang dikelola oleh pemerintah.

Maka, seiring dengan meningkatnya wisatawan tentu berdampak pula pada produksi sampah, tindakan vandalism dan menebang pohon sembarangan di Gunung Tampomas.

“Banyaknya sampah tersebut merupakan salah satu dampak dari perilaku wisatawan yang belum sadar lingkungan,” ungkap Dea.

Dia mengungkapkan, tujuan dari kegiatan yang sekaligus memperingati Hari Sampah Nasional ini, untuk menyadarkan serta mewujudkan masyarakat yang beperilaku sadar lingkungan mulai dari hal terkecil dari diri sendiri. Khususnya, ketika beraktivitas wisata ke alam untuk mewujudkan wisata yang berkelanjutan khususnya di Gunung Tampomas.

“Walaupun hanya berdua, namun kami berharap pesan yang kami lakukan bisa sampai ke masyarakat. Yakni tentang bagaimana menjaga dan mencintai alam Sumedang yang indah ini. Salah satunya dengan tidak membuang sampah sembarangan,” tegasnya. (her)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.