Dua Pesilat Cilik Dapat Kadeudeuh Bang Ara

Peliput/Editor: ENGKOS KOSWARA/SUMEKS

Dua Pesilat Cilik Dapat Kadeudeuh Bang Ara

BERBINCANG: Maruarar Sirait sedang berbincang dengan kedua putri peraih juara pencak silat tingkat Asia dan Eropa ketika acara pagelaran Seni Budaya di Desa/Kecamatan Cimanggung.

SUMEDANG – Komunitas kesenian di Desa/Kecamatan Cimanggung, kembali tampil dengan menghadirkan dua putri terbaiknya. Keduanya merupakan juara Pencak Silat Asia dan Eropa yang berlangsung di Kota Bandung kategori usia 12 hingga 17 tahun beberapa minggu lalu.

Mereka yakni Marlina, 13, yang masih duduk di bangku kelas 1 SMPN 1 Cimanggung dan Marta, 17, siswa kelas 2 SMAN Cimanggung. Pesilat ini mendapat perhatian penuh dari Anggota DPR RI Komisi XI dari Fraksi PDI Perjuangan Maruarar Sirait saat diadakan pagelaran malam seni budaya yang berlangsung di lapang bola desa setempat, Sabtu (7/10) malam.

Pihaknya pun memberikan apresiasi terhadap pagelaran kesenian yang diikuti 32 komunitas seni yang malam itu dipentaskan 10 komunitas. Yakni Reak Siliwangi Manggung, Rampak Gendang Usu, Pencak Silat Sasaka Domas, Reog Cirihil, Calung Abah Raga, Jaipoangan, Degung Farhan, Gondang, Singa Depok Laki-laki Dadali, dan Singa Depok Perempuan Dadali.

“Mari kita sama-sama memajukan seni dan budaya Sunda yang ada di Desa Cimanggung ini. Karena satu-satunya di Sumedang desa ini memiliki banyak komunitas seni yang salah satunya bisa membawa nama baik bangsa dengan meraih juara di tingkat Asia dan Eropa,” kata Bang Ara panggilan akrabnya saat bertemu dengan kedua putri peraih juara di tingkat Internasional.

Pada kesempatanya, Bang Ara meminta kepada kedua putri itu untuk terus melanjutkan pendidikan hingga perguruan tinggi. Bahkan dirinya menyarakan selama sekolah juga mengikuti les Bahasa Inggris.

Selain menyarankan, dirinya pun siap memberikan biaya les selama dua tahun yang dimulan pada Oktober 2017 ini serta biaya pendidikan 500 ribu/bulanya.

“Cari tempat les Bahasa Inggris terbagus di Sumedang ini. Soal biaya saya yang tanggung selama dua tahun, terhitung pada bulan ini,” katanya.

Menurutnya, apa yang diberikan kepada dua putri itu sebagai bentuk perhatian dirinya selaku anggota dewan pusat. Serta kebanggaanya setelah kedua putri tersebut mendapatkan juara di tingkat Internasional.

Ara sangat bangga dan terharu karena di usia yang tergolong belia, keduanya mampu menoreh prestasi pada kejuaraan pencak silat tingkat Internasional.

“Semoga apa yang menjadi harapan dan cita-cita kedua putri ini bisa terlaksana dengan baik dan terus belajar hingga tercapai cita-citanya,” tuturnya. (kos)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.