oleh

Dua Rumah Tertimpa Longsor, Satu Rusak Parah

SUMEDANGEKSPRES.COM – Akibat intensitas hujan yang tinggi, sebuah TPT di Dusun Ciakar, Rt 02 Rw 07, Desa Sukamaju, Kecamatan Rancakalong, Kabupaten Sumedang ambruk menimpa dua rumah warga milik Yanyan, 45 dan Adeng, 58, Selasa (21/4).

Pusat pengendali operasi (pusdalops) BPBD kabupaten Sumedang, Ato Arianto mengatakan akibat longsor tersebut, satu rumah alami keruksakan berat.

“Satu rumah ruksak berat dan satu rumah lagi rusak sedang,” ujarnya kepada Sumeks.

Ato juga menyebutkan, pasca terjadi longsor tersebut, pihak BPBD Kabupaten Sumedang beserta Babinsa, Babinkamtibmas dan aparatur desa setempat langsung bergerak cepat dengan mendatangi lokasi kejadian.

“Kami mendapat laporan dari warga pada pukul 11.00 wib, dan langsung mengevakuasi pemilik rumah ke tempat saudaranya. Lalu kami juga mengamankan barang-barang milik korban dan menghimbau warga agar tetap waspada apabila ada hujan dan angin kencang untuk bergegas ke tempat yang lebih aman,” terangnya.

Setelah mengevakuasi pemilik rumah, lanjut Ato, pihaknya akan menyiapkan beberapa sarana diantaranya terpal dan karung. Yang fungsinya untuk menutupi lereng longsoran agar tidak longsor lagi, serta kebutuhan logistik untuk kegiatan warga membersihkan material longsoran.

“Kami juga telah mengimbau kepada warga, agar berhati-hati jika terjadi longsor susulan yang diakibatkan hujan yang cukup tinggi,” tuturnya. (rif)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed