Dukungan Palsu, Disduk Pastikan Tak Ada Kebocoran Foto Copy KTP

Peliput/Editor: ENGKOS KOSWARA/SUMEKS

Dukungan Palsu, Disduk Pastikan Tak Ada Kebocoran Foto Copy KTP

VERIFIKASI DATA: Anggota PPS saat melakukan verifikasi faktual dukungan bapaslon perseorangan di Desa Citali Kecamatan Pamulihan.

AKAN DILAPORKAN

JATINANGOR – Dugaan pemalsuan tanda tangan dan dukungan foto copy e-KPT kepada bakal pasangan calon (bapaslon) bupati dan wakil bupati jalur perseorang terus bergulir. Hal yang menimpa salah seorang warga Desa Citali Kecamatan Pamulihan Toha Hamdani, 26, bahkan bergulir pada proses hukum.

Pihaknya akan segera melaporkan dugaan pemalsuan tanda tangan dan dukungan KTP kepada bapaslon jalur perseorangan pada pilkada Kabupaten Sumedang mendatang.

“Saya sudah berkoordinasi langsung dengan Kapolres Sumedang soal dugaan pemalsuan tanda tangan dan KTP dukungan untuk paslon independen. Sebab saya tidak pernah memberikan dukungan kepada pasangan paslon dari perseorangan itu,” kata Toha kepada Sumeks, kemarin (19/12).

Diakuinya, dirinya tidak merasa mendukung salah satu bapaslon perseorangan dengan memberikan dukungan berupa KTP dan tanda tangan. Namun ada kroscek dari PPS yang melakukan verifikasi faktual data.

“Seolah-olah KTP saya dicuri dan dipasulkan tanda tanganya karena saat ini copy KTP itu sudah berada di tim sukses paslon perseorangan,” ucapnya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Sumedang drg Agus S Rasjidi saat di konfirmasi menegaskan, pihaknya tak pernah memberikan atau mengeluarkan data kependudukan kepada pihak mana pun. Termasuk bakal calon independen sebagai syarat dukungan perseorangan di Pilkada Sumedang mendatang.

“Jika memang ada penyebaran foto copy KTP dipastikan disduk tidak ada kebocoran, karena memang jika ada KTP elektronik yang dikeluarkan itu langsung kepada pemiliknya,” tegasnya.

Pihaknya juga, tidak tahu dapat dari mana. Apa itu dari pihak kecamatan atau desa, karena disduk tidak ada yang mengeluarkan data. Apalagi KTP lama pasti sudah dimusnahkan.

“Jadi tidak mungkin ada foto copy KTP yang dikeluarkan melalui Dinas Kependudukan Sumedang,” tuturnya. (kos)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.