Eka Setiawan jadi Pembina Tagana

Peliput/Editor: ENGKOS/SUMEKS

Eka Setiawan jadi Pembina Tagana

DILANTIK: Bupati Sumedang, Eka Setiawan saat dilantik menjadi Pembina Tagana Kabupaten Sumedang oleh pengurus Tagana Kementerian Sosial di tempat Wisata Panenjoan.

RANCAKALONG – Bupati Sumedang Eka Setiawan meresmikan Kampung Siaga Bencana (KSB) sekaligus pengukuhan anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Sumedang yang lokasinya di tempat Wisata Panenjoan tepatnya di Kampung Pasir Biru, Desa Pasir Biru, Kecamatan Rancakalong.

Pada amanatnya Eka menyampaikan Sumedang salah satu daerah rawan bencana tentunya relawan tagana dituntut untuk menjadi lini terdepan dalam setiap penanganan bencana yang terjadi tidak hanya di wilayah Sumedang saja termasuk di seluruh pelosok Indonesia.

Menurut Eka, dengan dibentuknya relawan Tagana di Desa Pasir Biru ini tentunya sebagai bentuk kesiapsiagaan, begitu ada bencana bisa langsung ke lokasi dengan cepat untuk memberikan bantuan kepada korban yang terkena musibah.

“Saya juga menyampaikan pesan kepada masyarakat khususnya Sumedang karena saat ini cuaca tidak menentu sebaiknya berhati-hati apalagi warga yang berada di sekitar lereng bukit,” kata Eka usai dilantik.

Relawan Tagana sendiri berasal dari beragam profesi, mulai dari sipil, dokter, militer, hingga sarjana maupun magister dari berbagai disiplin ilmu. Pihaknya berharap pembentukan tagana di desa itu menjadi sekelompok warga yang bisa membantu warga lainya saat terkena bencana.

“Tetapi yang terpenting relawan tagana di desa Pasir Biru tetap selalu sigap jika terjadi bencana yang dapat datang sewaktu-waktu,” terangnya.

Camat Rancakalong Suherman sangat menyambut baik pembentukan tagana tersebut dan berharap pengukuhan yang dilakukan menjadi motivasi bagi para anggota tagana itu sendiri.

Pengukuhan tersebut semuanya menjadi satu kesatuan, yaitu penguatan taruna bencana tidak hanya di wilayah Sumedang tetapi di Indonesia. “Diharapkan pengukuhan ini menjadi motivasi dan kepedulian dalam penanggulangan bencana khususnya di wilayah Sumedang,” ucapnya.

Pihaknya sangat mengapresiasi terhadap pelaksanaan apel siaga taruna bencana di Desa Pasir Biru karena warga tersebut siap melaksanakan tugas bila mana ada terjadi bencana yang tidak hanya sebatas desa itu tetapi bila di perlukan di wilayah Indonesia. (kos)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.