Empat Desa Rawan Bencana Alam

Peliput/Editor: ENGKOS KOSWARA/SUMEKS

Empat Desa Rawan Bencana Alam

BERIKAN BANTUAN: Camat Pamulihan Hari Tri Santosa saat memberikan bantuan berupa alat sekolah kepada anak sekolah korban bencana kebakaran di Dusun Cirengganis RT 1 RW 02, Desa Haurngombong. (dokumen)

SUMEDANG – Empat desa di Kecamatan Pamulihan yang berada di lereng bukit dinyatakan siaga bencana tanah longsor menyusul tingginya curah hujan akhir-akhir ini.

“Ketiga desa tersebut adalah Desa Cijeruk, Cigendel, Cimarias dan Cinangerang,” ujar Camat Pamulihan, Hari Tri Santosa kepada Sumeks di kantronya, kemarin.

Menurut nya, banyak rumah warga di kawasan desa setempat yang berada di dekat tebing curam dengan kemiringan 45 derajat. Sehingga, rawan terjadi tanah longsor jika intensitas hujan deras melanda desa sekitar.

“Untuk itu, warga yang bermukim di empat desa tersebut diminta untuk waspada jika hujan deras turun selama beberapa jam atau semalaman penuh,” kata dia.

Pihaknya mengingatkan warga untuk berhati-hati terkait ancaman tanah longsor dan musibah lainnya saat musim hujan. Meskipun begitu, pihaknya tidak berharap ada kejadian yang tidak di harapkan pada musim penghujan ini.

“Beberapa hari terakhir hujan deras terus mengguyur wilayah Pamulihan dan sekitarnya. Situasi ini harus dibarengi dengan meningkatkan kewaspadaan,”ajaknya.

Selain itu, kata Hari, pemerintahan desa setempat tetap berkoordinasi dengan kecamatan jika terjadi musibah sekecil apapun. “Mengimformasikan kepada kecamatan kejadian sekecil apapun jika ada terjadi sesuatu hal di wilayah desa masing-masing,”ucapnya.

Sekecil apapun informasi itu, tetap akan di tindaklajuti secepatnya terutama jika terjadi musibah yang menimpa warga. “Warga tetap tenang dan waspada kedepankan menjaga keamanan lingkunganya masing-masing,” tutupnya. (kos)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.