Empat Desa Terancam Longsor, Akibat Alihfungsi Lahan

Empat Desa Terancam Longsor, Akibat Alihfungsi Lahan

NE/ILUSTRASI DIPAKAI PEMUKIMAN: Kaki Gunung Geulis banyak dialihfungsikan menjadi lahan pemukiman. Akibatnya, tiga desa di daerah itu rawan terjadi longsor

PEWARTA: iman nurman

JATINANGOR – Akibat alih fungsi lahan, tiga desa di Kaki Gunung Geulis yakni Desa Cisempur, Cintamulya, Jatimukti, Jatiroke, terancam longsor.

Kepala Desa Cintamulya, Dadan Wargana menambahkan, selain banyaknya pabrik di wilayah Jatinangor tepatnya di kaki Gunung Geulis banyak pengembang nakal. Dengan mengalihfungsikan lahan perkebunan menjadi pemukiman.

“Warga sekitar kaki Gunung Geulis yang terletak di Desa Jatimukti dan sekitarnya menolak kehadiran para pengembang yang akang melakukan alih pungsi dikawasan tersebut. Sebab dampaknya pasti dirasakan warga Cintamulya dan beberapa desa terdekat lainnya,” katanya.

Pembina Parade Nusantara Kabupaten Sumedang itu menambahkan seperti bencana longsor di Ciherang, salah satu faktor penyebabnya adalah dialihfungsikannya lahan pertanian menjadi pemukiman.

“Sekarang sudah ada beberapa pengembang yang aktif melalukan pembelian lahan yang dikuasai masarakat sekitar. Jika ini dibiarkan dampaknya akan lebih dahsat dari kejadian longsor di beberapa daerah. Kami kawatir longsor akan menimbun tiga desa. Yakni Desa Cintamulya, Cisempur, Jatiroke, dan Jatimukti,” katanya.

Dia berharap Pemkab Sumedang tidak mengeluarkan izin. Sebab dampaknya akan dirasakan warga sekitar.

Kordinator Gerakan Muda Peduli Alam Jawa Barat, Dekki Ismailudin mengatakan jika kawasan konservasi dijadikan tempat pemukiman, dikhawatirkan akan mengikis tekstur tanah. Sebab, pohon-pohon di daerah itu ditebang. Sehingga tidak ada penyerap air dan tanah menjadi labil.

“Jika sudah demikian, siap-siap saja bencana akan datang. Memang kendalanya sulit karena yang memegang peranan penting adalah pemerintah. Kadang pemerintah kita juga memperhatikan sisi bisnisnya dibanding keselamatan warga,” tandasnya. (imn)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.