oleh

Pramuka Garda Terdepan Pembangunan

Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Sumedang menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Jadi Pramuka ke-55 Tingkat Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Sumedang Tahun 2016 yang dilangsungkan di Alun-alun Sumedang, Rabu (24/8).

Upacara dipimpin Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Sumedang yang juga Bupati Sumedang H. Eka Setiawan sebagai Pembina Upacara. Turut hadir unsur Forkopimda, Ketua dan Ambalan Kwarcab, Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) dan undangan lainnya. Peserta upacara adalah perwakilan anggota Gerakan Pramuka dari golongan Siaga, Penggalang dan Penegak di seluruh sekolah wilayah kota.
Bupati menyampaikan ucapan selamat Hari Pramuka ke-55, kepada segenap keluarga besar Gerakan Pramuka Kawartir Cabang Sumedang. “Semoga peringatan ini menjadi momentum dalam meningkatkan peran dan aktifitas Gerakan Pramuka dalam membangun generasi muda yang memiliki watak, kepribadian, karakter dan jati diri bangsa yang kukuh,” ungkapnya.

Ia berharap Gerakan Pramuka mampu menjadi garda terdepan pelaku perubahan dalam pembentukan karakter generasi kaum muda melalui berbagai kegiatan yang keren, menggembirakan dan mengasyikan.
“Harus diyakini bahwa Gerakan Pramuka merupakan wadah pendidikan dan pembentukan karakter generasi muda sesuai tema Hari Pramuka ke-55 tahun 2016 yaitu “Bangun Karakter Kaum Muda Melalui Kegiatan yang Keren, Gembira dan Asyik,” ujarnya.

Sebagai wadah pendidikan karakter bagi anak bangsa, sambung Bupati, Gerakan Pramuka juga sangat sejalan dengan apa yang digembor-gemborkan oleh pemerintah yaitu program revolusi mental. “Gerakan Pramuka seiring dan sejalan dengan Program ke-8 Nawa Cita yaitu melakukan revolusi mental karakter bangsa,” terangnya.

Di akhir sambutan, Bupati menyerukan agar seluruh jajaran Gerakan Pramuka Kwarcab Sumedang tetap melaksanakan kegiatan yang mengacu pada Visi Misi yang telah ditetapkan. “Mari kita rapatkan barisan demi tercapainya tujuan Gerakan Pramuka secara umum. Semoga Gerakan Pramuka Kwarcab Sumedang di masa mendatang benar-benar mampu menjadi salah satu wadah pembinaan generasi muda kepercayaan para orangtua, kebanggaan masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Sumedang,” pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut, turut pula ialngsungkan pengukuhan Pramuka Garuda kepada 6 orang Golongan Penegak, 53 orang Golongan Penggalang dan 1 orang Golongan Siaga Kwarcab Gerakan Pramuka Sumedang Tahun 2016. Bupati juga menyerahkan penghargaan Lencana Pancawarsa Tahun 2016 kepada 9 orang Pembina Gerakan Pramuka.

Sebelum upacara dimulai hadirin dan tamu undangan disuguhi penampilan apik dari adik-adik anggota Pramuka Kontingen Jamnas ke-10 Kabupaten Sumedang yang baru pulang dari Jamnas Cibubur Bogor dan persembahan Koloni Tongkat dari Gerakan Pramuka MTs. Muhammadiyah Cikaramas Kecamatan Tanjungmedar. (*/hum)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed