Gelap, Ribuan PJU Rusak

Peliput/Editor: Asep Herdiana/Usep Adhiwihanda

Gelap, Ribuan PJU Rusak

TAK BERFUNGSI: Meski banyak terpasang PJU di kawasan Sumedang, namun fungsinya tidak maksimal dan bahkan ada yang tak menyala sama sekali. (DOK/SUMEKS)

KOTA – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sumedang, mengaku masih kekurangan dana untuk melakukan pemeliharaan terhadap Penerangan Jalan Umum (PJU). Hingga saat ini, jumlahnya mencapai ribuan titik.

Maka tak heran, karena kekurangan dana saat ini banyak PJU yang kondisinya mati. Bahkan kalau pun nyala, terangnya tidak bisa maksimal. Beberapa titik PJU yang mati baik di wilayah kota maupun di daerah, tidak bisa segera diperbaiki oleh dishub karena alasan tidak ada dana.

Kepala Dinas Perhubungan Sumedang H Surrys Laksana Putra mengatakan, biaya pemeliharaan PJU tahun ini hanya Rp 500 juta. “Dengan dana sebesar itu jelas tak mencukupi untuk pemeliharaan PJU di Sumedang yang jumlahnya ribuan titik,” katanya, kemarin (25/8).

Menurut Surrys, untuk tahun 2017 ini Dinas Perhubungan Sumedang mendapatkan alokasi dana sebesar Rp 8,3 miliar dari Pajak Penerangan Jalan Umum (PPJU). Namun katanya, dari jumlah uang tersebut dikembalikan lagi sebesar Rp 6,9 miliar untuk pembayaran listrik PJU. Sisanya, dialokasikan untuk pemasangan baru Rp 500 juta, pemeliharaan Rp 500 juta dan pemasangan di Cadas Pangeran Rp 400 juta.

“Tentunya kita berharap pada perubahan APBD nanti ada penambahan anggaran sehingga biaya pemeliharaan menjadi naik,” tutur Surrys.

Surrys mengatakan pula, agar PJU dapat terpelihara terus menerus dengan baik untuk tahun 2018 sedikitnya dibutuhkan dana sebesar Rp 12 miliar. Dengan rincian, bayar listrik Rp 8,6 miliar, pemeliharaan Rp 1,5 miliar dan pengadaan pemasangan Rp 2 miliar.

“Dana sebesar itu akan kita ajukan, mudah-mudahan terealisasi sesuai ajuan kita,” harapnya. Menurut Surrys, seharusnya dana PPJU sebesar Rp 60 miliar itu penggunaannya diutamakan untuk PJU dulu dan baru siasanya untuk kepentingan yang lain. “Bukan sebaliknya dana dari PPJU itu dipergunakan untuk kepentingan lain dan sisanya baru untuk PJU,” tukasnya. (her)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.