oleh

Kumpulkan Dana Swadaya, Warga Bangun Jalan

SUMEDANG – Warga Dusun Tarikolot Hilir Desa Sirnasari Kecamatan Jatinunggal, bergotong royong membangun akses jalan di wilayahnya, dengan mengumpulkan dana secara swadaya. Upaya itu dilakukan, agar warga di sejumlah dusun lainnya, tidak ikut terisolir.

Meski belum memadai, akses jalan tersebut bisa mengatasi kesulitan transportasi bagi warga dua dusun, antara lain Dusun Tarikolot Hilir dan Batukasur.

“Jalan ini juga bisa menghubungkan antar desa dan ke tempat relokasi atau pemukiman baru warga terdampak Jatigede asal Desa Padajaya Kecamatan Wado,” ujar Sekdes Sirnasari, Khair Nur Ilman, kemarin (15/1).

Dikatakan sekdes, saat awal membuka jalan, warga bergotong royong secara sukarela. Alhasil, warga mampu membuka jalan sepanjang 450 meter dengan lebar 2.5 meter.

“Sebelumnya jalan masih berlapis tanah. Namun pemerintah desa langsung menganggarkan untuk pengadaan batu agar jalan bisa dilalui oleh kendaraan saat hujan turun,” ungkapnya.

Dia menyebutkan, dengan terbukanya akses jalan tersebut, sejumlah titik pemukiman warga tidak akan terisolir karena akan bisa dimasuki kendaraan roda empat.

Sekdes juga menambahkan, jalan baru tersebut menyabet lahan sebagian milik warga dan sebagian besar lahan milik desa. “Kami apresiasi warga mau menyumbangkan lahannya untuk membuat jalan,” ucapnya.

Dengan adanya jalan tersebut, selain memudahkan tranpotasi untuk mengangkut hasil bumi, juga akan berdampak naiknya harga lahan milik warga. “Insya Allah sedikit demi sedikit kedepannya kualitas jalan akan ditingkatkan,” ujar Ilman. (eri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed