oleh

Gunung Karang Hangus Terbakar

SUMEDANG – Wilayah Blok Gunung Karang di kaki Gunung Tampomas, perbatasan Desa Jambu Kecamatan Conggeang dengan Desa Paseh Kaler Kecamatan Paseh, terbakar.

Diduga, api berasal dari pembakaran sampah di TPA Cibeureum Kecamatan Cimalaka hingga meluas.

“Kawasan Gunung Karang yang terbakar kurang lebih seluas 5 Hektar,” ujar Kepala Desa Jambu Upriatna D saat berbincang dengan Sumeks seusai kegiatan mengatasi api merembet, Jumat (25/10).

Dikatakan, wilayah Gunung Karang mulai terbakar sejak Selasa (22/10). Api mulai merembet ke kawasan Gunung Karang dari TPA Cibeureum.

“Upaya pemadaman sudah dilakukan oleh masyarakat dengan cara disekat. Sebagian sudah padam, namun di wilayah yang berada di tebing, cukup sulit dipadamkan,” jelasnya.

Upriatna menuturkan, pemadaman akan terus dilakukan dengan melibatkan berbagai pihak. Seperti, Forkopimka Conggeang – Paseh, Ormas, LSM, masyarakat dan lainnya.

Berdasarkan data yang diperoleh Sumeks, wilayah hutan Gunung Tampomas yang terbakar sampai Kamis (24/10) seluas kurang lebih 333 Hektar.

Pihak Pemkab Sumedang, Kodim 0610/Sumedang, Polres Sumedang dan unsur lainnya mulai mendirikan beberapa posko untuk mengantisipasi kebakaran agar tidak meluas. (atp)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed