Gunung Kunci harus Dilakukan Penataaan

SUMEDANG РTaman Wisata Gunung Kunci, Kabupaten Sumedang menjadi salah satu destinasi wisata di Sumedang. Selain lokasinya yang berada di tengah kota, tempat ini memiliki sejarah penting dalam merebut kemerdekaan Indonesia. Namun sayangnya, Taman Wisata Gunung  Kunci, seakan kurang tertata, sehingga kesan kumuh terdapat di sejumlah titik.

Reren, 35, pengunjung asal Darmaraja, mengaku sudah beberapa kali menyambangi taman wisata yang yang dipadati pohon Pinus itu. Namun menurutnya, dari tahun ke tahun tidak ada perubahan. “Tempatnya sih enak, cocok untuk melepas kejenuhan dari rutinitas kerja selama sepekan. Namun sayang, pengelolaanya kurang maksimal,” katanya saat diwawancara Jabar Ekspres, kemarin (7/7).

Dia mencontohkan, masih ada sejumlah titik masih terdapat rumput liar dan alang-alang yang dapat merusak keindahan taman. “Apa lagi lokasi yang bersebelahan dengan lapangan bola, serasa bukan berada di area tempat wisata,” ucapnya. Ditambah dengan coretan-coretan kata pada sebuah dinding yang merusak pemandangan. “Padahal disitu tertera larangan untuk mencoret-coret dinding, namun larangan tersebut dianggap hanya sebagai hiasan belaka.

Bahkan, keadaan itupun diperparah dengan toilet yang rusak serta minimnya sarana ibadah. “Andai saja tidak demikian, saya yakin jika tempat ini akan menjadi kawasan wisata favourit,” tuturnya. Hal senada dikatakan Rohendi, 41, warga Tanjungmedar. Dia berpendapat, sepinya pengunjung ke kawasan wisata Gunung Kunci, akibat kurang penataan dari pihak pengelola. “Padahal Gunung Kunci sudah terkenal luas karena nilai sejarahnya,” kata Rohendi.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora), Endah Kusyaman mengaku, pihaknya melalui Dinas Lungkungan Hidup Kabupaten Sumedang tengah melakukan penataan. 
“Kita lakukan perbaikan dan penataan, dengan harapan Taman Wisata Gunung Kunci dapat menjadi magnet wisata di Sumedang,” terangnya. (nur)

Ikuti Kami di Sosial Media:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.