Sumedang Ekspres

Bacaan Utama Warga Sumedang

sumeks_images

ANTRE: Sejumlah pengunjung tengah antre untuk membeli tiket masuk Tahura Gunung Kunci Sumedang sekaligus antre untuk dilakukan cek suhu tubuh. ASEP NURDIN/SUMEKS

Gunung Kunci Solusi Wisata saat AKB

SUMEDANGEKSPRES.COM - Taman Hutan Raya (Tahura) Gunung Kunci Sumedang, kini sudah dibuka untuk umum. Tepatnya pada Senin (21/6) lalu, dan pihak pengelola sudah menerapkan protokol kesehatan secara disiplin di masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

SUMEDANGEKSPRES.COM – Taman Hutan Raya (Tahura) Gunung Kunci Sumedang, kini sudah dibuka untuk umum. Tepatnya pada Senin (21/6) lalu, dan pihak pengelola sudah menerapkan protokol kesehatan secara disiplin di masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Seperti di depan loket, ada sarana cuci tangan dan hand sanitizer. Fasilitasnya pun disemprot secara rutin. Bahkan dibuatkan juga tanda berjarak untuk duduk di kursi. Sesekali pihak pengelola di kawasan tahura ini, rajin juga mengimbau agar para pengunjung bisa tetap berjarak.

“Kebetulan Gunung Kunci hari Senin kemarin sudah dibuka. Hari pertama itu antusiasnya yang cukup besar sekitar 200 orang. Sebab dari biasanya pengunjung hanya sekitar 30-an kalau hari-hari diluar hari libur,” kata Kabid Kehutanan pada Dinals Lingkungan Hidup dan Kehutanan Sumedang, Endang Hermawan, Jumat (26/6) lal.

Meski demikian, di hari kedua pembukaan, pengujung relatif turun lagi sekira 30 orangan perhari. Oleh sebab itu pasca ditutup selama beberapa bulan ini, pihaknya bakalan melakukan optimalisasi kecil-kecilan di Tahura Gunung Kunci, meski beroperasi dengan protokol kesehatan yang disiplin.

“Kita juga sudah siapkan beberapa fasilitas isolasi apabila ada pengunjung dari luar Sumedang (zona merah) yang ada gejala sakit. Bahkan kalau oleh petugas dicek suhu tubuh kemudian kedapatan suhunya diatas 37 derajat, kita enggak masukan. Tapi alhamdulilah sampai saat ini tetap kondusif tidak ada pengunjung yang seperti itu,” tandasnya. (nur/rls)