Gunung Masigit Kembali Berkobar

Gunung Masigit Kembali Berkobar

PADAMKAN API: Aparat kepolisian berupaya memadamkan api di Gungung Kareumbi, baru-baru ini. (FOTO DOK)

Peliput/Editor: engkos koswara

CIMANGGUNG – Kawasan hutan Gunung Masigit Kareumbi kembali berkobar, kemarin. Lokasinya hampir sama, di Blok Patambon, Desa Cimanggung, Kecamatan Cimanggung. Warga bersama pemerintah desa, aparat kepolisian dan Basarnas, pun terus bahu membahu berupaya memadamkan si jago merah.

“Kami bersama warga dan aparat dari unsur pemerintahan, kembali turun tangan memadamkan api yang sebelumnya sudah padam,” ujar Kapolsek Cimanggung Kompol Amin Taufan kepada Sumeks di kantornya, kemarin.

Ia menduga, api bersumber dari sisa kebakaran sebelumnya. “Kemungkinan, nyala api akibat dari tunggul pepohonan besar yang sempat terbakar dan kembali menyala,” ungkapnya.
Pihaknya belum menemukan unsur kesengajaan akibat kebakaran itu. Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan kebakaran terjadi akibat unsur kesengajaan dari orang yang tidak bertanggung jawab.

“Kita tetap mengantisipasi kemungkinan yang terjadi akibat kebakaran itu. Jika memang ada unsur kesengajaan maka akan ditindak tegas,” tuturnya.

Ia pun mengimbau semua pihak, terutama warga yang sering merambah hutan, agar lebih berhati-hati jika menyalakan api di sekitar lereng gunung. Pastikan, api padam setelah membakar sampah atau menyalakan tungku di tengah hutan.

“Musim kering seperti ini, sangat rentan sekali terjadi kebakaran. Untuk itu, warga tetap waspada dari segala kemungkinan yang mengakibatkan terjadinya kebakaran,” pungkasnya. (kos)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.