Halaman Kantor Desa Dipapingblok

Peliput/Editor: IMAN NURMAN

Halaman Kantor Desa Dipapingblok

RAPIH: Halaman kantor Desa Cilayung dipapingblok sehingga terlihat rapi, Kamis (15/10). FOTO: IMAN NURMAN/JATEKS

JATINANGOR- Guna memberikan rasa nyaman kepada warga yang hendak membutuhkan keperluan desa, pemerintah desa Cilayung memasang papingblok di halaman kantor desa Cilayung, Kamis (15/10).

Tak hanya itu, pemasangan papingblok untuk mengantisipasi musim hujan yang identik dengan becek dan kotor. Meskipun ditutup, tanah tetap bisa menyerap air hujan karena ada lubang air.

Kades Cilayung, Uyun mengatakan halaman kantor seluas 210 meter itu menghabiskan sebanyak 12.600 buah. Anggaran pembangunan papingblok itu berasal dari dana desa (DD) tahun anggaran 2015.

“Jadi dipasangnya paping blok itu diharapkan warga menjadi nyaman saat datang ke kantor desa. Tanpa mengganggu proses resapan air, karena papingblok ada celah air hujan masuk,” katanya.

Tak hanya itu, pemdes juga membuat saluran irigasi yang diatasnya jalan gang di dusun Babakan. Jalan Sepanjang 60 meter dan ditargetkan 100 meter dengan swadaya masyarakat itu diharapkan bisa dimanfaatkan warga untuk aktivitas.

“Jalan itu menghubungkan Dusun Babakan antara warga RT 01 ke RT 02. Bahkan rencana ke depan bisa tembus ke desa. Diharapkan akses warga menjadi mudah, karena bisa dilalui kendaraan motor dan mobil kecil,” tandasnya.

Terpisah, untuk mengantisipasi masalah kemarau, pemerintah Desa Sindangsari membuat bak penampungan air dengan menggunakan Dana Desa Tahun 2015. Mata air bersih itu disalurkan ke rumah-rumah penduduk dari bak penampungan.

Kades Sindangsari, Ade mengatakan sumber mata air yang terdapat di wilayah Desa Sidangsari menjadi salah satu pemecah masalah kekeringan. “Cikeyeup Hilir, Cikeup Girang, Cimanglayang,Curug Rendeng, Ci Encang-Encang, merupakan sumber air yang selama ini mengairi pemukiman warga,” ujarnya. (imn/cr9)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.