Harga Hewan Kurban Mulai Tinggi Jelang Idul Adha Sulit Didapat

Peliput/Editor: HERI PURNAMA/SUMEKS

Harga Hewan Kurban Mulai Tinggi Jelang Idul Adha Sulit Didapat

BERI PAKAN: Seorang peternak tengah memberi pakan sapi peliharaannya, kemarin. Jelang Idul Adha, harga hewan kurban seperti sapi mulai tinggi dan sulit didapat.(HERI PURNAMA/SUMEKS)

SUMEDANG – Menjelang Hari Raya Idul Adha, ternak sapi sulit didapat dan harganya tinggi. Meski kurang lebih 40 hari lagi jelang kurban, sulit dan mahalnya hewan ternak kurban sudah dirasakan sejak dini.

Salah satu bandar ternak sapi di wilayah Cisitu Aminta menyebutkan, selain mahal saat ini ternak sapi juga sulit didapatkan. Kemungkinan, para petani ingin menjual sapi saat lebaran kurban dengan harga tinggi.

“Dari sekarang hewan ternak sapi sudah mulai sulit didapatkan. Mungkin sudah mendekati Idul Adha,” katanya, kemarin (12/7).

Untuk mendapatkan satu ekor sapi saja, butuh waktu beberapa minggu karena harus memilih harga yang sesuai dengan ukurannya.

Apalagi menurut Aminta, untuk menjalankan bisnis ternak sapi, tidak bisa gegabah dalam membelinya, harus disesuaikan dengan jenis dan ukurannya.

“Untuk dapat satu ekor sapi saja sekarang sulit. Tidak seperti beberapa bulan kebelakang,” ujarnya.

Sebenarnya, kata dia, banyak petani yang berminat menjual ternaknya. Namun yang menjadi hambatan sampai gagalnya transaksi tersebut, karena tidak ada kesepakatan masalah harga.

“Kalau sekarang kita harus pintar-pintar negosiasi harga dengan petani,” ucapnya.

Dalam hal ini, sapi dengan jenis dan ukuran yang biasanya dibeli dengan harga Rp 17 juta, saat ini bisa sampai kisaran Rp 18 sampai Rp 19 juta.

“Kemarin saya beli dari petani, kalau biasanya ukuran seperti itu kita bisa beli dengan harga Rp 17 juta, sekarang jadi naik Rp 1 juta sampai Rp 2 juta,” tukasnya. (eri)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.