Harga Sejumlah Kebutuhan Pokok Naik

Peliput/Editor: ENGKOS KOSWARA/SUMEKS

Harga Sejumlah Kebutuhan Pokok Naik

DIWAWANCARA: Sekretaris Daerah Sumedang H Zaenal Alimin ketika diwawancara wartawan terkait kenaikan harga kebutuhan pokok.

Harus Gelar Operasi Pasar

JATINANGOR – Harga kebutuhan pokok menjelang Natal dan Tahun Baru 2018 terus meranjak naik. Tidak terkecuali di pasar tradisional Parakanmuncang dan Tanjungsari. Di kedua pasar itu terjadi kenaikan yang cukup signifikan.

Bagian Tata Usaha Pasar Tradisional Tanjungsari, Yudi mengatakan ada beberapa kenaikan harga kebutuhan pokok. Diantaranya, cabe keriting merah awalnya diharga Rp 25 ribu/Kg menjadi Rp 30 ribu/Kg. Terjadi kenaikan sekitar Rp lima ribu.

“Kenaikan harga yang cukup signifikan adalah cabe rawit merah dari Rp 30 ribu/Kg menjadi Rp 50 ribu/Kg. Kenaikan mencapai Rp 20 ribu. Itu dikarenakan selain akibat cuaca buruk juga menghadapi natal dan tahun baru,” kata Yudi kepada Sumeks, kemarin (19/12).

Kenaikan juga terjadi pada sayuran lainnya. Seperti pada kacang merah yang tadinya Rp 15 ribu menjadi Rp 20 ribu.

“Sedangkan harga kebutuhan pokok yang lainya bisa dianggap stabil,”terangnya.

Menanggapi soal kenaikan harga, Sekretaris Daerah Sumedang H Zaenal Alimin mengatakan sejauh ini pihaknya belum mendapat laporan dan dinas terkait. Yaitu Disperindag Sumedang terkait kenaikan harga beberapa komoditi.

Menurutnya, jika memang harga kebutuhan pokok terus mengalami kenaikan, bahkan terjadi kelangkaan bahan kebutuhan, maka dipastikan pemerintah akan segera melakukan langkah dengan mengadakan operasi pasar.

“Bila perlu kita melakukan operasi pasar terhadap harga-harga yang mengalami kenaikan. Agar, masyarakat tetap bisa membeli kebutuhan pokok dengan harga wajar,” ucapnya. (kos)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.