Hari Ibu Bagi Keluarga Drs H Zaenal Alimin MM

Peliput/Editor: ASEP NURDIN/SUMEDANG EKSPRES

Hari Ibu Bagi Keluarga Drs H  Zaenal Alimin MM

FOTO BERSAMA: Drs H Zaenal Alimin bersama Hj Ani Gestaviani SKM MAP dan kedua anak serta menantunya.

Karir dan Tanggung Jawa Sebagai IRT

KOTA – Memaknai hari ibu yang jatuh pada 22 Desember, bagi keluarga Drs H. Zaenal Alimin memang istimewa. Bagaimana tidak, ayah beranak dua ini memang mengagumi istrinya Hj Ani Gestaviani SKM MAP. Dimata suami dan kedua anaknya, Ani merupakan sosok ibu yang baik hati, sabar serta penuh perhatian terhadap keluarga.

Kendati istri seorang Sekda Kabupaten Sumedang, dan disibukan dengan karirnya sebagai PNS di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Sumedang, tak lantas membuat wanita kelahiran 25 Oktober 1965 itu meninggalkan tugas sebagai ibu rumah tangga.

“Kesuksesan dalam berkarir, tentunya berawal dari keberhasilan dalam membina rumah tangga,” kata Ani saat diwawancara Sumeks, Kamis (21/12) dalam sebuah acara.

Dalam rumah tangga, kata dia, tidak ada teori dan sekolah khusus yang mengajarkan bagaimana cara menciptakan suasana dalam rumah, yang membuat anggota keluarga merasa nyaman dan aman. Baginya, keluarga adalah tempat dimana kita istirahat dari kegiatan sehari-hari.

“Keluarga, merupakan masyarakat terkecil yang terdiri dari ayah, ibu, anak dan anggota keluarga lain yang ikut didalamnya,” ujarnya.

Sebuah keberhasilan bahtera rumah tangga, lanjut Ani, sifatnya relatif. Yang jelas, sebatas mana cara mensyukuri keberadaan rumah tangga itu sendiri.

“Serta, bagaimana seluruh anggota keluarga tersebut dapat melaksanakan aturan-aturan yang ada. Saya pribadi sangat memakai aturan, bahwa kepala keluarga adalah suami,” tuturnya.

Di tempat sama, Drs H Zaenal Alimin MM mengaku, jika istri tercinta, Hj Ani Gestaviani merupakan sosok yang ramah, cerdas dan cekatan. Kemudian, selalu mengingatkan kepada suami, ketika ada kekeliruan. Bahkan, jika memiliki keinginan atau diberikan tugas dan tanggungjawab, istri yang sudah dinikahinya sejak tahun 1988 itu, selalu memiliki obsesi untuk sukses dan berhasil.

Begitu pun acap kali menjalankan tugas-tugasnya, ibu dua anak ini begitu aktif, sehingga selalu berbuah hasil dan prestasi gemilang.

“Semua itu tidak lepas dari dukungan suami baik lahir maupun batin,” tandasnya.

Lahirnya, memfasilitasi dan memenuhi kebutuhan, sesuai dengan bidang tugasnya. Sedangkan dukungan secara batin, tidak pernah lepas dari harapan dan doa.

“Apapun bidangnya yang dia geluti, selalu sukses tanpa ekses,” jelasnya.

Lebih jauh, Zaenal Alimin mengatakan, dalam membagi tugas antara di rumah dengan tempat kerja, ibu dari Muhammad Mufty Mu, ‘tasin Bilhaq dan Muhammad Mughny Mujahid Filhaq itu, melaksanakannya dengan proforsional. Kapan waktunya menjalankan tugas sebagai ibu rumah tangga, ataupun menjalani tugasnya sebagai wanita karir.

“Yang jelas, seiring dengan bidang tugas yang semakin bertambah, anak-anak kami pun tumbuh dewasa, sehingga tidak menjadi hambatan dalam meniti karirnya,” kata Calon Bupati Sumedang itu.

Begitu pun dimata anak-anaknya, Ibu cantik itu, sosok yang lemah lembut namun penuh wibawa. (nur/adv)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.