Harus Cerdas Baca Peluang

KOTA – Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Jawa Barat, Agung Suryamal mengatakan, pemerintah harus dapat membaca peluang ekonomi dari dampak  pembangunan strategis nsional.

Hal itu dikatakan disela-sela kuliah umum kewirausahaan bersama Mahasiswa STIE Sebelas April Sumedang, Selasa (8/11).

“Saya kira potensi wirausaha di Sumedang ini sangat besar dan juga banyak kreativitas dari para pemudanya, ini perlu diarahkan dengan tepat,” kata Agung.

Keberadaan proyek jalan tol Cisumdawu dan Waduk Jatigede, kata Agung, dinilai  sangat prospektif bagi pertumbuhan ekonomi Sumedang khususnya, dan Jawa Barat pada umumnya.

“Kita lihat Bendungan Jatigede, disana bisa kita gali berbagai sumber pendapatan yang sangat besar. Mulai dari pengelolaan tempat wisata, penginapan bahkan perikanan. Kita tinggal menggandeng para pemodal untuk bekerja sama mengelola potensi tersebut,” terangnya.

Begitupun dengan akses tol Cisumdawu yang menghubungkan Jakarta, Bandung dengan Bandara Kertajati.

“Ini peluang yang sangat besar jika kita warga Sumedang kreatif dalam menggali potensi ekonomi. Misalnya, penataan tempat wisata, ciptakan kuliner yang menarik, apalagi tahu sumedang dan ubi cilembu sudah memiliki nama di kancah nasional,” terangnya.

Jika semua itu sudah terwujud, kata dia, pengguna jalan tol tidak hanya melintas saja di Sumedang, tetapi mereka akan menyempatkan diri untuk menikmati tempat wisata atau kuliner Sumedang.

“Marilah kita sama-sama mewujudkan sumedang menjadi kota wisata, dengan begitu, otomatis pertumbuhan ekonomi pun akan melaju dengan pesat,” ujarnya.

HIPMI dan Kadin, lanjut dia, harus tanggap terhadap peluang ini. Sumedang harus bisa jadi sentra makanan dan wisata agar Jawa Barat yang berdaya saing dan berkarakter dalam bidang ekonomi dapat diwujudkan. (mg1)

Ikuti Kami di Sosial Media:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.