Hasil Padi akan Diasuransikan

Peliput/Editor: asep herdiana/iman nurman

Hasil Padi akan Diasuransikan

PANEN: Para petani memanen padinya meski kondisi cuaca panas. Guna mengantisipasi gagal panen, hasil panen petani akan diasuransikan.M (DOK SUMEKS)

KOTA- Guna mengantisipasi adanya gagal panen atau fuso, pemerintah Kabupaten Sumedang akan membuat program Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) Nasional. Rencananya dari luas lahan 30.000 hektare 7.000 hektar akan diasuransikan. Sehingga, bila nanti terjadi gagal panen, para petani mendapatkan uang ganti rugi panen.

“Bila nantinya terjadi kegagalan panen, maka petani yang telah masuk asuransi akan mendapatkan pengganti Rp6 juta per hektarnya,” kata Kepala Bidang Sumber Daya Pertanian Utuj Kurnia, kepada Sumeks, Rabu (21/10).

Menurut Utuj, para petani terlebih dahulu harus tergabung dalam kelompok tani dan membayar premi sebesar Rp180 ribu per hektar per musim. Namun demikian untuk premi ini petani hanya membayar 20 persen saja atau sekitar Rp36.000. Karena 80 persen atau Rp144.000 akan disubsidi oleh pemerintah melalui anggaran dari berasal dari APBN.

Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Kabupaten Sumedang, kata dia, mulai menyosialisasikan soal rencana proteksi bagi para petani padi ini.

“Kita sudahkah kumpulkan para kepala UPTD agar program proteksi bagi para petani ini cepat sampai kepada para petani di Sumedang,” katanya.

Kabupaten Sumedang, kata Utuj, mendapatkan kuota untuk 7.000 hektar dari target Pemerintah Provinsi Jawa Barat 180.000 hektar, dan AUTP ini untuk musim tanam mulai Oktober 2015 sampai Maret 2016.

“Selain harus tergabung dalam kelompok tani, untuk menjadi peserta AUTP petani harus daftar sebelum melakukan tanam,” katanya.

Menurut Utuy tak semua areal tanam padi bisa diproteksi dengan masuk asuransi, tetapi hanya untuk areal sawah yang memiliki saluran irigasi baik itu irigasi teknis, setengah teknis maupun saluran irigasi desa.
“Jadi untuk sawah tadah hujan tak bisa jadi peserta asuransi,” katanya. (her)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js