oleh

Hasil Swab Ribuan Buruh Belum Keluar

Terkonfirmasi Covid Tambah Satu

SUMEDANGEKSPRES.COM – Hasil swab ribuan karyawan kawasan industri di Cimanggung, hingga kini belum keluar. Dimana pada 23 Juli lalu, telah dilakukan swab test kepada 6.000 karyawan pabrik.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumedang, Iwa Kuswaeri yang juga Kepala Diskipas Kabupaten Sumedang saat dikonfirmasi Sumeks menyatakan, pihaknya belum menerima hasil dari swab tersebut. Terlebih, proses swab ribuan buruh pabrik itu dilakukan dari Dinas Kesehatan Provinsi Jabar.

Baca juga :

Hari Ini, Ribuan Karyawan Jalani Swab

“Kita belum ada hasil. Dan juga untuk swab itu (ribuah karyawan pabrik) kan dilakukannya langsung dari provinsi. Mereka dulu yang punya datanya,” ujarnya, Selasa (11/8).

Melihat jumlah tersebut, katanya, dipastikan memerlukan waktu. “Melihat jumlahnya juga kan begitu banyak,” sebutnya.

Seperti diketahui, sebanyak 6.000 karyawan dari berbagai pabrik di kawasan industri Dwipapuri Cimanggung dan PT Kahatex, pada 23 Juli 2020 lalu, menjalani swab test oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jabar. Swab itu dilaksanakan di dua lokasi, yakni di karyawan di PT. Kahatek Jl. Raya Rancaekek, Kecamatan Cimanggung dan kawasan Dwipapuri.

“Total ada 6.000-an karyawan. 1.200 karyawan Kahatek ditambah 1.800 karyawan dari beberapa perusahaan lain. Kemudian di Kawasan Dwipapuri Jarum Super Jl. Raya Rancaekek, Cimanggung sebanyak 3.000 karyawan terdiri dari 1.950 orang karyawan perusahaan kawasan Dwipapuri dan 1.050 orang berasal dari partisipan Industri Kabupaten Sumedang,” kata Kabag Umum PT Kahatex, Luddy Sutedja.

Berdasarkan keterangan yang berhasil dihimpun, peserta swab test Covid-19 memasang target 6.000 orang berasal dari 45 perusahaan se-Kabupaten Sumedang. Terdiri dari PT. Kahatex sebanyak 1.200 orang, partisipan perusahaan sebanyak 1.800 orang dengan jumlah 9 perusahaan, kawasan industri Dwipapuri sebanyak 1.950 orang partisipan perusahaan sebanyak 1.050 orang dengan jumlah 36 perusahaan.

Sementara update terbaru hingga kemarin (12/8) sore, jumlah positif covid-19 di Kabupaten Sumedang, bertambah satu orang. Pasien yang terkonfirmasi covid-19 itu merupakan asal Kecamatan Cibugel.

Meski begitu, lanjut Iwa, kemarin ada juga saru pasien yang dinyatakan sembuh yakni asal Jatinangor. Sehingga jumlah keseluruhan, yang sembuh atau selesai Isolasi sebanyak 23 orang, meninggal sebanyak satu orang dan 40 orang terdiri dari 27 orang tidak bergejala, 13 orang bergejala. (sep)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed