oleh

Hati-hati Pilih Biro Umroh

KBIH Jabar Akan Bentuk Forum

KOTA – Masyarakat, diimbau untuk hati-hati dalam memilih biro perjalanan umroh. Hal ini, menyusul banyaknya biro perjalanan umroh yang bermasalah.

Guna meminimalisir terjadinya penipuan yang dilakukan biro perjalanan umroh, Forum Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Provinsi Jawa Barat, akan membentuk forum yang melibatkan KBIH dengan travel umroh.

Hal itu dikatakan Ketua Forum KBIH Provinsi Jawa Barat Sunidja, usai melantik pengurus Forum KBIH Kabupaten Sumedang di Kantor Kemenag Sumedang, kemarin (28/3).

“KBIH harus ikut berperan dalam mengawasi sepak terjang biro perjalanan umroh,” katanya kepada Sumeks, usai acara pelantikan.
Menurut dia, KBIH dinilai memiliki hubungan dekat atau kerja sama dengan travel perjalanan umroh. Sehingga, KBIH biasanya yang menentukan biro untuk perjalanan umroh binaannya.

“Ada sekitar 185 travel perjalan umroh se-Jawa Barat yang saat ini aktif menjalankan bisnisnya,” kata dia.
Seluruh travel tersebut, akan digandeng Forum KBIH untuk diikat dalam sebuah forum antara KBIH dengan travel yang akan dibadan hukumkan.

“Yang tidak masuk forum, maaf, bisa kita laporkan,” tegasnya.

Selain memudahkan dalam pengawasan, forum tersebut nantinya akan membuatkan standarisasi pelayanan standar umroh.
“Pelayanan standar itu berada pada kisaran Rp 20 juta,” katanya.

Jumlah tersebut, kata dia, berdasarkan standarisasi jarak hotel ke Masjidil Haram, klasifikasi hotel bintang tiga, jenis bis yang digunakan jemaah termasuk kelas penerbangan.

“Jika ada travel umroh yang menawarkan harga di bawah standar, dihawatirkan pelayanannya jauh dari standar,” ujarnya.

Misalnya, lanjut dia, letak hotel jauh dari Masjidil Haraom, bisnya tidak layak. Bahkan perjalanan udara pun sambai beberapa kali transit. (nur)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed