Haurpapak Amblas Lagi

Haurpapak Amblas Lagi

GOTONG ROYONG: Warga bergotong royong mengusahakan agar jalan bisa dilalui kendaraan di Blok Haurpapak Desa/Kecamatan Surian yang seminggu terakhir ini kembali amblas. (IST)

PEWARTA: ATEP BIMO ARIO SUTEJO/SUMEKS

Pemerintah Diminta Introspeksi Diri

SURIAN – Jalan kabupaten penghubung Tanjungmedar-Surian Blok Haurpapak Desa/Kecamatan Surian, kembali amblas. Kondisi ini, sudah terjadi sekitar satu minggu lalu.

Lokasi amblasnya jalan berbeda dengan lokasi sebelumnya. Kali ini, jalan mengalami amblas dari arah Surian menuju Sumedang, tepat sebelum tanjakan Haurpapak.

“Jalan mengalami amblas dari arah Surian menuju Sumedang tepat saat akan mulai menanjak. Jalan amblas kurang lebih sedalam dua meter,” ujar seorang warga setempat Maman saat dikonfirmasi Sumeks, kemarin (8/1).

Setelah mengalami amblas, jalan kembali tidak bisa dilalui kendaraan roda empat. Sebelumnya, jalan bisa dilalui kendaraan roda empat, karena warga setempat berusaha membuka jalan baru dengan bergotong royong dan peralatan seadanya.

“Saat ini mobil kembali tidak bisa melintas. Padahal, sebelumnya kendaraan roda empat diusahakan bisa melintas setelah warga membuka jalan baru meski bersifat darurat,” terangnya.

Sementara itu, warga Kecamatan Surian lainnya Ade Suryaman mengatakan, infrastruktur merupakan syarat vital akan kenyamanan masyarakat. Pemerintah sebaiknya jangan dulu berbicara tentang peningkatan ekonomi, tapi kenyamanan masyarakat khususnya akses jalan rusak lebih utama.

“Seharusnya, internal pemerintah Kabupaten Sumedang berintrospeksi sudah sejauh mana memposisikan diri jadi pemerintah yang mengerti akan hati masyarakat. Jangan hitung untung rugi jumlah suara yang akan diraih dan yang akan didapat,” tukasnya.

Menurutnya, Kecamatan Surian merupakan bagian yang tak terpisahkan dari Kabupaten Sumedang. “Pastinya membutuhkan perhatian dan kerja nyata. Bukan janji yang mengajak mimpi di siang hari,” tandasnya.

Ade menuturkan, masyarakat Kecamatan Surian tidak berharap lebih pada pemerintah Kabupaten Sumedang akan jalan di Blok Haurpapak. Masyarakat hanya membutuhkan agar jalan biasa dilalui.

“Tidak perlu hot mix yang notabene memerlukan anggaran cukup besar. Masyarakat hanya meminta jangan sampai di musim hujan jalan terputus seperti saat ini,” tegas Ade.

Menurutnya, di wilayah Surian banyak warga yang bekerja di luar Kabupaten Sumedang, seperti di Kabupaten Subang.
“Kalau harus bicara kabupaten lain, sudah bisa memberikan pekerjaan pada masyarakat di luar. Sedangkan, kita sendiri apa yang sudah dan akan diberikan untuk kesejahteraan masarakat sendiri,” tutupnya.

Di samping itu, Jalan Blok Haurpapak di Desa/Kecamatan Surian ini, kembali menjadi obrolan hangat di facebook, setelah satu akun
atas nama Asep Liberty mengupload keadaan terbaru. Berbagai komentar pun bermunculan.

Sampai saat berita ini diturunkan, orang yang menyukai postingan tersebut mencapai angka 580, sementara yang berkomentar mencapai angka 95 komentar. (atp)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.