Hewan Liar Teror Perkampungan

CISITU – Hewan liar dari hutan yang kawasan genangan, mulai masuk ke wilayah Desa Cigintung, Kecamatan Cisitu. Menurut Kepala Desa Cigintung, Warniasih, hewan liar sejenis monyet mulai merambah ke perkebunan warga. Bahkan sempat ada warga yang melihat hewan liar tersebut di Blok Karamat bergerombolan memasuki perkebunan warga.

Dikatakan Warniasih, laporan yang dia terima buah-buahan yang berada agak jauh dari pemukiman sudah ada yang meranjahnya, salah satunya pete. Hal itu, jelas merugikan para petani yang semestinya pete itu terjual sekarang berkurang karena dimakan hewan tersebut.

“Sudah ada warga yang melapor bahwa monyet sudah mencuri pete miliknya,” kata kades, Rabu (11/11).

Pemerintah desa berharap, pemerintah Kabupaten Sumedang dapat menangani hal ini dengan baik. Sehingga hewan-hewan itu dapat dinetralisir hingga tidak memasuki wilayah pertanian warga.

“Sudah dapat kabar, katanya akan ada pawang yang menangani hewan-hewan itu, diharapkan itu bisa cepat dilakukan sebelum hewan itu semakin merusak,” ucapnya.

Lebih jauhnya, Warniasih menghawatirkan dengan keberadaan hewan tersebut yang nantinya akan memasuki pemukiman warga dan mencuri makanan milik warga. Hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa hewan itu mulai kesulitan mencari makan di kebun atau hutan. “Kalau hewan-hewan itu sudah lapar bisa saja masuk ke pemukiman,” ujar dia.

Penanganan penangkapan hewan liar itu, memang sangat diperlukan. Sebab Cigintung dan Pajagan adalah desa terdekat ke hutan-hutan yang tergenang. (eri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.