Hujan, Padi Siap Panen Ayeuh

Hujan, Padi Siap Panen Ayeuh

MEMANEN PADI: Sejumlah petani tengah memanen padi yang tumbang atau ayeuh akibat cuaca yang buruk, kemarin (14/3).(HERI PURNAMA/SUMEKS)

PEWARTA: HERI PURNAMA/SUMEKS

*Kualitas Beras Menurun

DARMARAJA – Tanaman padi yang tumbang, berdampak pada mengurangnya kualitas beras. Biasanya musim penghujan yang disertai angin, jadi penyebab tumbangnya tanaman padi dan butiran padi tersebut tergenangi air.

Salah seorang petani kawasan Desa Cinangsi Kecamatan Cisitu, Sujana menyebutkan, tanaman padi yang tumbang atau biasa disebut dengan istilah “ayeuh” pada musim hujan, memang selalu berdampak kurang baik kepada kualitas berasnya. Hal itu dikarenakan, padi tersebut lama berada diantara genangan air dan lumpur sawah.

“Kalu seperti ini biasanya berasnya itu agak kehitam-hitaman, tidak putih seperti biasanya,” kata Sujana saat ditemui Sumeks, kemarin (14/3).

Menurutnya, bila seluruh padi yang ditanam itu tumbang, selain kualitas menurun maka penghasilan petani juga akan bergeser lebih rendah. Sebab dengan kondisi itu, akan banyak padi yang jatuh dan tertinggal di lumpur.

Namun saat ini, jumlah yang tumbang tidak terlalu banyak. Dengan begitu, kualitas padi yang tumbang juga tidak akan terlihat karena tercampur dengan padi bagus. “Untungnya jumlah padi yang tumbang itu sedikit,” tuturnya.

Selain itu, para petani biasanya mengeluhkan tanaman padi yang tumbang bukan hanya karena kualitasnya yang menurun. Tapi, untuk pengerjaan panennya butuh waktu yang lama. “Selain kualitas, memanen padi yang tumbang itu butuh waktu yang lama,” katanya

Terpisah, Kepala UPT Pertanian dan Ketahanan Pangan Kecamatan Darmaraja, Cecep Saepudin, menyebutkan, sejauh ini di wilayah Darmaraja belum mendapat laporan banyak tanaman padi yang tumbang dan menyebabkan kerugian. Namun, untuk faktor pengaruhnya, tanaman padi yang tumbang itu disebabkan oleh angin dan hujan.

Hal itu juga bisa terjadi pada musim kemarau, hanya saja pada musim hujan, padi yang tumbang akan tergenang air, jadi ganggu kualitas berasnya. “Kalau musim kemarau meskipun tumbang tapi tanahnya kering jadi tidak berdampak kepada kualitas, beda kalau musim hujan,” tukasnya. (eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.