Hujan Terus, Dapur Ambruk

Peliput/Editor: HERI PURNAMA/SUMEKS

Hujan Terus, Dapur Ambruk

RUSAK: Seorang warga Desa Pamulihan melihat kondisi dapurnya yang ambruk pada bagian gentingnya karena sudah kumuh dan terus-terusan diguyur hujan, kemarin.

Camat Minta Kades Kerahkan Warga Bersiaga

SITURAJA – Camat Situraja Sutisna, mengimbau kepada setiap kepala desa untuk mengerahkan warga memantau keamanan dan kenyamanan lingkungan. Sebab, melihat kondisi cuaca akhir-akhir ini yang sering turun hujan lebat dengan jarak waktu yang cukup lama, menghawatirkan kondisi buruk terjadi.

“Saya sering menyampaikan kepada para kepala desa yang ada di Kecamatan Situraja untuk mengerahkan masyarakat ikut jaga kondusifitas lingkungannya,” katanya melalui selulernya, kemarin (15/11).

Dia mencontohkan, adanya bencana yang menimpa warga Desa Pamulihan pada hari ini (kemarin). Ada satu unit dapur rumah warga ambruk karena kondisinya sudah lapuk dan terguyur hujan deras.

Untuk itu camat meminta agar para kades dapat bergerak cepat untuk mengantisipasi hal serupa terjadi. Bahkan di setiap minggon, pihaknya selalu mengingatkan untuk waspada terhadap bencana di musim hujan.

“Saya rasa kalau musim hujan seperti ini memang sensitif terjadi bancana. Makanya saya sampaikan ke para kades untuk mengingatkan masyarakat agar selalu waspada,” tuturnya.

Camat menambahkan, apa lagi masyarakat yang bermukim di dekat-dekat tebing. Kondisi itu harus ekstra hati-hati dan harus kerap memantau tebingnya sebab dihawatirkan ada pergerakan tanah.

“Apalagi yang pemukimannya dekat dengan tebing, itu harus ekstra waspada,” imbuhnya.

Selain itu, warga juga harus bersama-sama menjaga kebersihan saluran air yang biasanya menjadi salah satu faktor penyebab bencana.

“Dengan gotong royong semua pasti bisa diatasi,” ucapnya. (eri)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.